Renang Militer Wajib Dikuasai Prajurit Korem 023/KS

Share this:
Latihan renang militer prajurit Korem 023/KS yang dilaksanakan di laut lepas Pelabuhan Lama Sibolga.

SIBOLGA, BENTENGTIMES.com – Kamis (29/3/2018), prajurit Korem 023/KS melaksanakan latihan renang militer (renmil) di laut bebas Pelabuhan Lama Kota Sibolga. Renang militer ini bukanlah sekadar renang biasa, melainkan berenang menggunakan pakaian militer lengkap.

Renang militer adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki setiap prajurit TNI AD. Setiap prajurit harus mampu melaksanakan renang militer dengan jarak 50 sampai dengan 500 meter, dengan membawa perlengkapan perorangan.

“Renang militer ini, di samping mendukung tugas pokok prajurit, juga berfungsi untuk lebih meningkatkan kesamaptaan jasmani prajurit,” ujar Kasiops korem 023/KS Letkol Inf TP Lobuan Simbolon.

“Sebelum melaksanakan renang militer, terlebih dahulu melaksanakan peregangan dan pemanasan karena mereka berenang di lautan. Maka, dibagi tiap-tiap kelompok, kemudian dipanggil secara berurutan,” ujarnya.

Kegiatan latihan renang militer ini juga diawasi langsung oleh Kasrem 023/KS KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, Kasiops Letkol Inf TP Lobuan Simbolon serta Kajasrem 023/KS Lettu Inf H Sirait.

Letkol Inf TP Lobuan Simbolon menambahkan, latihan renang militer ini dilaksanakan untuk melaksanakan program minggu militer dan memelihara serta mengukur kemampuan para prajurit Makorem 023/KS, sehingga dapat dijadikan sebagai tolok ukur pelaksanaan samapta priodik atau kenaikan pangkat.

“Dengan latihan yang rutin, bertahap, bertingkat dan berlanjut, diharapkan prajurit Makorem 023/KS selalu terjaga dan meningkat serta mampu melaksankan renang militer sesuai keinginan komando atas,” ujar Letkol Simbolon.

Share this: