Prajurit Korem 023/KS Diajari Teknik Pertolongan Pertama

Share this:
Pelatihan pertolongan pertama yang digelar di Lapangan Makorem 023/KS Jalan Datuk Itam Sibolga.

SIBOLGA, BENTENGTIMES.com – Seluruh prajurit Korem 023/KS yang biasanya setiap akhir bulan melaksanakan minggu militer, untuk kali ini berbeda dari biasanya. Pada Rabu (28/3/2018), prajurit TNI diajari teknik pertolongan pertama dengan materi pertolongan pertama di lapangan (Long Malap) yang digelar di Lapangan Makorem 023/KS Jalan Datuk Itam Sibolga.

Materi minggu militer kali ini langsung diberikan pelajaran Long Malap yang disampaikan langsung oleh Wakil Detasemen Kesehatan Wilayah (Waden Kesyah) Mayor CKM Mulyadi, dengan berbagai macam materi, antara lain materi menilai korban/penderita, lena, gugat/shock, pingsan, mati suri, pendarahan, luka bakar, patah tulang tutup/terbuka, keracunan gas, kecelakan listrik, luka gigit ular berbisa.

Selanjutnya, materi praktek menolong korban dan setelah korban mendapat pertolongan pertama, langkah selanjutnya korban digotong atau digendong dengan menggunakan metoda 1 orang dengan benar. Cara mengusung ini digunakan apabila hanya sendiri dan bisa juga metoda 2 orang.

Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata menerangkan, prajurit Korem sangat antusias mengikuti pelajaran pertolongan pertama di lapangan (Long Malap), dimana setiap anggota harus mampu menguasai materi ini agar dapat memberikan bantuan dengan cepat dan tepat kepada rekannya atau kepada masyarakat apabila ada mengalaminya.

Dengan begitu, korban dapat bertahan sampai ke tempat pertolongan selanjutnya, baik di puskesmas maupun rumah sakit terdekat.

“Kemampuan ini harus benar-benar dimiliki oleh setiap prajurit Korem 023/KS dalam menghadapi dan mendukung tugas-tugas operasi perang maupun tugas kemanusiaan dengan dibimbing langsung Waden Kesyah Sibolga Mayor CKM Mulyadi yang sudah menguasai bidang kesehatan,” jelas Mayor Arm Ojak Simarmata.

Share this: