Babinsa Koramil 09/Sosa Dampingi Petani Bajak Sawah

Share this:

PALAS, BENTENGTIMES.com – Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/TS Serka RA Tanjung melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah seluas kurang lebih 2,5 hektare dalam rangka percepatan tanam berikutnya.

Aksi bajak sawah Serka RA Tanjung bersama kelompok tani Serasi dilakukan dengan menyisir tanah bajakan sawah dengan alat mesin pertanian (alsintan) handtractor roda seluas 2,5 ha bertempat di Desa Roburan, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Senin (26/3/2018).

“Pengolahan menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan sistem traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur,” jelas Danramil 09/Sosa Kapten Arh Saleh Hasibun.

Dijelaskan, keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah, yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

“Babinsa sudah mahir masalah pertanian, di samping mereka sudah penataran masalah pertanian, mereka juga anak petani. Untuk pengolahan tanah sawah, mereka mengerti dan faham,” ujar Danramil.

Selain itu, Babinsa juga ikut melakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan.

“Galengan (pematang) sawah agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman,” kata Danramil mengakhiri.

Share this: