Danramil dan Babinsa Koramil 05/Lahewa Ikut Tanam Perdana

Share this:
Anggota Babinsa turut menanam padi mendampingi petani dari kelompok tani Faeri Desa Laurufadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, untuk menanam padi sebagai upaya mengoptimalkan lahan.

NIAS, BENTENGTIMES.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Lahewa Dim 0213/Nias bersama kelompok tani Faeri melaksanakan pendampingan upsus (upaya khusus) tanam perdana 2 ha dari luas 4 ha lahan di Desa Laurufadoro, Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara, Kamis (22/3/2018).

“Para Babinsa dari Koramil 05/Lahewa Sertu Tomsar Waruwu, Serda Dalisokhi Zalukhu dan Kopda R Sinaga mendampingi kelompok tani Faeri menanam padi, karena saat ini memasuki musim penghujan bertepatan dengan masa tanam sebagian areal sawah di Desa Laurufadoro, Kecamatan Afulu,” jelas Danramil 05/Lahewa Lettu INF Foarota Zebua.

Dia mengatakan bahwa petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan jajar legowo, dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

“Pada program ketahanan pangan, babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan,” tuturnya.

Menurut Lettu INF Foarota Zebua, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola jajar legowo. Padahal, berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektare.

Share this: