Lahan Terbakar, Anggota Koramil 05/Kolang Bantu Padamkan Api

Share this:
Personel Koramil/Kolang melakukan pemadaman api di lahan masyarakat yang terbakar akibat pembukaan lahan.

TAPTENG, BENTENGTIMES.com – Kebakaran lahan masyarakat terjadi di Desa Markanti Nauli, Desa Rawa Makmur dan Desa Satahi Nauli di Kecamatan Kolang, Sabtu (17/3/2018).

Kebakaran ini langsung direspon oleh personel Koramil 05/Kolang dibantu pihak kehutanan dan masyarakat dengan melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya, sekitar pukul 08.00 WIB.

Danramil 05/Kolang Lettu Chb Mahmud Efendi dan KPH Wilayah 11 Pandan Asef Ferri mengatakan bahwa lahan yang terbakar seluas 2 hektare milik Leo Marbun (30), warga Ketapang, Kota Sibolga.

Dijelaskan, hasil pengecekan, bahwa pembakaran dilakukan oleh pekerja yang bertugas sebagai pembabat, yaitu Kadali Gulo (45), warga Purba Tua, Desa Unte Mungkur III, Kecamatan Kolang.

Saat diwawancarai, pelaku pembakaran mengaku melakukan pembakaran atas perintah pemilik lahan.

Terpisah, Dandim 0211/TT Letkol Jimmy Rihi Tugu mengatakan bahwa pihaknya sudah melaksanakan tindakan awal untuk memadamkan api bersama masyarakat.

Ke depan, melalui kepala desa, Dandim akan mengumpulkan masyarakat untuk melaksanakan sosialisasi agar tidak lagi membakar lahan pada saat pembukaan kebun.

Share this: