Ayo Jaga Kesehatan Melalui GERMAS!

Share this:
Kegiatan GERMAS yang digelar di kediaman Ketua Yayasan Bona Pasogit Sejahtera (YBS), Desa Pangombusan, Kecamatan Parmaksian, yang diikuti oleh seratusan warga, Minggu (4/3/2018).

TOBASA, BENGTENGTIMES.com – Seratusan warga menghadiri kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang diadakan di Desa Pangombusan, Kecamatan Parmaksian yang merupakan wilayah kerja UPT Puskesmas Parmaksian, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Minggu (4/3/2018).

Kegiatan yang digelar di kediaman Ketua Yayasan Bona Pasogit Sejahtera (YBS) Juanda Panjaitan itu turut dihadiri Camat Parmaksian Paiman Butar-butar dan Kepala Desa Tunggul Sibuea Kasi Kesehatan Komunitas pada Dinas Kesehatan Kabupaten Toba Samosir Siti Nuraya Sirait SKM MKes dan Kepala UPT Puskesmas Parmaksian dr Tetty JR Simanjuntak.

Pada kesempatan itu, ditekankan kembali imbauan Menteri Kesehatan RI Prof dr Nila Farid Moeloek Sp.M (K) pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 14 November tahun lalu yang menuturkan bahwa penduduk usia produktif dengan jumlah besar harus memberikan kontribusi pada pembangunan yang akan terancam oleh gangguan kesehatan.

Hal inilah yang mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Gerakan Mayarakat Hidup Sehat (GERMAS) guna mewujudkan Indonesia Sehat.

Siti Nuraya Sirait mengatakan bahwa GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden Jokowi yang mengedepankan upaya promotif (edukasi kesehatan) dan preventif (tindakan pencegahan) tanpa mengesampingkan upaya kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (perawatan dalam pengobatan), yang melibatkan semua umur dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Kegiatan GERMAS secara nasional berfokus pada tiga kegiatan utama, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, mengonsumsi buah dan sayur dan memeriksakan kesehatan secara rutin ke fasilitas kesehatan.

Dan, program ini diimplementasikan melalui senam CERDIK, dimana C adalah cek kesehatan, E adalah enyahkan asap rokok, R berarti rajin olaraga, D adalah diet yang seimbang, I istirahat cukup dan K berarti kelola stress dengan baik.

“Kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri atau keluarga dan tidak membutuhkan biaya besar,” imbuhnya.

Atas dasar tersebut, Dinas Kesehatan Tobasa melalui UPT Puskesmas Parmaksian setiap bulan melakukan Kegiatan GERMAS, yaitu senam, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan dan konsumsi makanan bergizi yang berasal dari dana DAK, BOK, Dana Desa, untuk mendukung kegiatan promotif dan preventif.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Parmaksian dr Tetty JR Simanjuntak berharap agar masyarakat berperan aktif dalam mendukung kegiatan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini bukan hanya bagi para ibu atau lansia yang didominasi oleh perempuan, tapi juga para bapak dan pemuda yang merupakan kepala keluarga dan tulang punggung,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan ini juga akan diwartakan setiap bulan di tempat ibadah dan menyurati setiap kepala desa di Kecamatan Parmaksian agar warga semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan.

“Upaya pencegahan peyakit lebih mudah dan murah serta dapat dilakukan mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” timpal Camat Parmaksian Paiman Butarbutar.

Share this: