Sinabung Meletus Lagi, Terdashyat Dalam Abad Ini

Share this:
Gunung Sinabung kembali meletus, Senin (19/2/2018). Letusan kali ini dinilai sebagai letusan terdashyat abad ini.

TANAH KARO, BENTENGTIMES.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo meletus lagi, Senin (19/2/2018) sekira pukul 09.00 WIB. Dalam video amatir yang beredar di Youtube, tampak erupsi sangat tinggi. Menurut sejumlah warga, ini adalah erupsi paling besar selama ini.

Seperti dalam video amatir yang diunggah oleh Can Channel, dikatakan saat merekam video erupsi tersebut, mereka berada di Kantor BNN Jalan Pahlawan, Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Sejumlah warga yang suaranya terdengar dalam video tersebut mengaku bahwa letusan Sinabung tak pernah terjadi seperti ini.

“Tak pernah seperti ini. Selama Sinabung meletus, tak pernah seperti ini,” ujar warga yang yang merupakan ibu-ibu yang terekam dalam video amatir itu.

Mereka memperkirakan, tinggi erupsi diperkirakan mencapai 8 km. mereka juga mengaku sampai merinding melihat tingginya erupsi dan mengaku semasa hidup, tak pernah terjadi letusan sedashyat ini.

Dan, keterangan resmi yang dikeluarkan KESDM, Badan Geologi, PVMBG. Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung disebutkan bahwa letusan terjadi pada Senin (19/2/2018) pukul 08.54 WIB dan awan panas letusan Gunung Api Sinabung dengan tinggi kolom 5.000 m, amp 120 mm dan lama gempa 607 detik.

Jarak luncur sektoral Selatan-Tenggara 4.900 meter dan sektoral Tenggara-Timur 3.500 meter, angin lemah ke Barat-Selatan.

Share this: