Lestarikan Lingkungan, Istri Bupati Tapteng Lepas 483 Anak Penyu

Share this:
Ketua PKK dan Wakil Ketua PKK melepas ratusan anak penyu di Pantai Binasi.

TAPTENG, BENTENGTIMES.com – Suasana di Pantai Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) tampak akrab. Puluhan orang tampak berkumpul dengan ceria untuk melepas 438 anak penyu ke lautan bebas. Ini adalah salah satu bentuk nyata pelestarian lingkungan, mengingat penyu merupakan salah satu satwa yang dilindungi.

Ketua TP PK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Siabarani dan Wakil Ketua TP PKK Tapteng Ny Juli Darwin Sitompul bersama Danlanal jadi pimpinan rombongan pelepasan ratusan anak-anak penyu itu.

“Penyu termasuk hewan yang dilindungi dan keberadaannya nyaris punah. Melestarikan penyu adalah wujud kepedulian pada lingkungan,” ucap Senin (5/2).

Dijelaskan, Pantai Binasi dipilih sebagai tempat pelepasan tukik dinilai karena lokasi itu habitat yang cocok sebagai tempat berkembangnya Penyu.

“Pantai Binasi ini merupakan tempat favorit bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Ini untuk menunjukkan pada mereka bahwa kita peduli pada lingkungan,” ujar Ny Citra Bakhtiar Ahmad Siabarani.

Penghargaan juga disampaikan kepada Kelompok Konservasi Pantai Kelurahan Binasi yang sejak 2013 sampai saat ini telah melepas 3.873 anak penyu.

“Ini merupakan wujud nyata kepedulian Kelompok Konservasi Pantai Kelurahan Binasi. Kiranya di hari-hari yang akan datang dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Diharapkan juga agar masyarakat terus meningkatkan rasa memiliki dan kepedulian terhadap kelestarian penyu dengan tidak menangkap dan menjualnya.

Share this: