Andika Perkasa, Menantu Suhu Telik Sandi, Calon Panglima TNI Pilihan Jokowi

Share this:
BMG
Jenderal TNI Andika Perkasa.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Jenderal TNI Andika Perkasa sedang menuju karir puncaknya di militer, yakni menuju kursi Panglima TNI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memilih Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Marsekal Hadi yang telah menjabat Panglima TNI sejak 8 Desember 2017 akan memasuki masa pensiun pada awal bulan Desember 2021. Surat presiden (supres) tentang Jenderal Andika sebagai calon tunggal Panglima TNI sudah dikirim ke DPR, pada Rabu (3/11/2021).

Dan, Andika merupakan tentara dengan karir cemerlang di TNI, khususnya di matra angkatan darat. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut profil, perjalanan karir, dan hal lain tentang sosok Jenderal Andika Perkasa.

Andika Perkasa lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 21 Desember 1964. Dia merupakan alumni Akademi Militer (Akmil)  Tahun 1987. Setelah menyelesaikan pendidikan di Lembah Tidar, Andika Perkasa menempati berbagai posisi penting di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Antara lain, Komandan Subtim 2 Sat Gultor 81, Komandan Peleton Grup 2/Para Komando, dan Komandan Unit 3 Grup 2/Para Komando.

Dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Tim 3 Sat Gultor 81 Kopassus, Komandan Resimen 62, Yon 21 Grup 2/Para Komando.

BacaSelain AKBP Agus, Ini Deretan Kapolres yang Dirotasi Dalam Rangka Evaluasi Jabatan

BacaMutasi dan Promosi 108 Pati TNI, 4 Orang Putra Batak

Tahun 2002, saat masih berpangkat Letnal Kolonel (Letkol), Andika yang memiliki bekal ilmu sandi yudha didapuk menjabat Kepala Seksi Intelijen Korem 051/Wijayakarta, Kodam Jaya.

Halaman Selanjutnya >>>

Lulusan Terbaik, Alumni Universitas Terkemuka di AS

Share this: