Rabu Siang, Sinabung Erupsi Lagi, Kolom Abu Teramati 4.500 Meter

Share this:
MAGMA INDONESIA:BMG
Aktivitas Gunung Sinabung pada Rabu (28/7/2021) siang.

KARO, BENTENGTIMES.com– Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, kembali erupsi pada Rabu (28/7/2021) siang.  Ketinggian kolom abu teramati kurang lebih 4.500 meter atau 4,5 Km dari puncak.

“Erupsi Sinabung terjadi pada pukul 13:20 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati 4.500 meter di atas puncak,” tulis  Armen Putra, Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Badan Geologi dan PVMBG, pada Rabu.

Armen menerangkan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 742 detik. Erupsi diikuti awan panas ke arah Timur sejauh 1.000 meter dan ke arah Tenggara sejauh 1.000 meter.

“Erupsi kali ini disertai dengan luncuran awan panas. Saat ini, Gunung Sinabung berada pada Status level III atau siaga,” tulisnya.

BacaDiduga Sakit Hati, Motif Pembunuhan Ketua MUI Labura

BacaSinabung Kembali Erupsi, Jauhi Zona Terlarang, Jangan Lupa Pakai Masker!

Armen tetap mengimbau masyarakat agar menjauhi zona merah dengan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

“Selain itu jangan melakukan aktivitas pada radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” urai Armen.

BacaPPKM Masih Berlanjut, Pemerintah Siapkan Bantuan Beras

BacaSelasa Sore, Erupsi Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Sejauh 1.000 Meter

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, diingatkan agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

“Jika terjadi hujan abu, tetap pakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu amankan sarana air bersih serta bersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” ujarnya.

Share this: