Menkes Sebut Tujuh Provinsi Rawan Serangan Varian Delta, di Mana Saja?

Share this:
BMG
Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, sebanyak tujuh provinsi di Indonesia masuk dalam kategori rawan lonjakan kasus Covid-19 yang dipicu penularan varian Delta asal India.

“Kami sudah lihat ada lima provinsi di Pulau Sumatera dan dua provinsi di Kalimantan yang kita harus ekstra hati-hati agar kita bisa mempersiapkan dengan baik,” kata Budi, dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (6/7/2021).

Provinsi tersebut di antaranya, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Timur (Kaltim), Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Barat (Sumbar), Sumatera Selatan (Sumsel) dan Lampung.

Dikatakan, pemerintah sudah mencoba mengantisipasi lonjakan kasus di sejumlah daerah yang berpotensi rawan mengingat varian Delta memiliki laju penularan yang sangat cepat.

“Kita sudah lihat di mana kira-kira provinsi lain yang akan memungkinkan ke depannya akan ada kenaikan dan lonjakan yang cukup tinggi. Kita antisipasi,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan harian dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah kasus harian di Sumatera Barat pada Senin (5/7/2021) mencapai 101 kasus, sebanyak 104 lainnya dinyatakan sembuh. Namun, jumlah kasus meninggal di daerah itu cenderung lebih tinggi dari daerah lain hingga mencapai 25 pasien.

BacaSempat Tegang, Momen Saat Seorang Gadis Menjerit Sebelum Disuntik Vaksin di Kabanjahe

BacaFakta-fakta Meninggalnya Ustaz Tengku Zulkarnain Karena Terpapar Covid-19

Pada periode yang sama, kasus harian di Kalimantan Timur dilaporkan mencapai 428 kasus, 223 lainnya dinyatakan sembuh dan 18 pasien meninggal dunia.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: