Okto Manik, Dewi Tobing dan Tumpal Simanjuntak Masuk Bursa Calon Dubes RI

Share this:
BMG
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Presiden Joko Widodo telah menyerahkan surat berisi pencalonan duta besar (dubes) luar biasa untuk negara sahabat, ke DPR. Surat dari Jokowi itu dibacakan langsung Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar selaku pimpinan sidang dalam Rapat Paripurna DPR, Kamis (20/5/2021).

Dalam 34 nama yang disampaikan Jokowi sebagai calon dubes RI, terdapat putra-putri daerah asal Sumatra Utara (Sumut), di antaranya Okto Manik, Dewi Tobing, dan Tumpal Simanjuntak.

“Surat Nomor R/19/Pres/04/2021 tanggal 29 April 2021 perihal permohonan pertimbangan atas pencalonan duta besar dan berkuasa penuh negara sahabat untuk Indonesia,” ujar Muhaimin Iskandar, di Ruang Rapat Paripurna DPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Ketua Umum PKB itu mengatakan, seluruh surat yang masuk ke pimpinan DPR, akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme berlaku di DPR.

“Surat-surat tersebut telah dan akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan DPR RI dan mekanisme yang berlaku,” terangnya.

BacaSilvany Pasaribu, Diplomat Muda Pembungkam Vanuatu, Ternyata Asal Tapteng?

BacaBegini Cerita Luhut Panjaitan saat Bersama Menlu China di Kawasan Danau Toba

Dalam mekanisme di DPR, calon-calon dubes itu akan menjalani serangkaian uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test selama beberapa hari di Komisi I DPR. Lalu, hasilnya diserahkan ke Presiden Jokowi sebagai bahan pertimbangan penempatan dubes tersebut.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: