Budi Gunadi Sadikin, Mantan Bankir yang Jadi Menteri Kesehatan

Share this:
BMG
Menteri Kesehatan yang baru Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Negara, Selasa (22/12/2020). Satu dari enam menteri yang menjabat adalah Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Lalu, seperti apa profil Budi Gunadi Sadikin, seorang mantan bankir yang justru dipercaya menangani masalah yang paling berat dihadapi saat ini, yakni pandemi Corona Virus Disease (Covid-19)?

Dikutip dari situs bumn.go.id, disebutkan bahwa pria kelahiran 6 Mei 1964 ini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I sejak 25 Oktober 2019. Sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin menjabat pada dua direktur utama perusahaan plat merah.

Baca: Sementara Jabat Menteri Kelautan, Ini Rencana dan Fokus Syahrul Yasin Limpo

Baca: Resmi, Presiden Jokowi Lakukan Reshuffle! Ini 6 Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju

Pada 2013-2016, Budi menjabat sebagai direktur utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kemudian pada 2017-2017 BGS memimpin PT Inalum (Persero). Di antara periode tersebut atau 2016-2017, Budi adalah staf khusus Menteri BUMN Rini Soemarno.

Sementara, untuk latar belakang pendidikan, Budi merupakan sarjana di bidang Fisika Nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1988. Dia juga memiliki sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (ChFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada tahun 2004.

ChFC adalah sebutan profesional yang telah menyelesaikan kursus komprehensif mengenai pendidikan keuangan. Mereka yang mendapatkan gelar tersebut dipahami memiliki pengetahuan dalam masalah keuangan dan memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat yang baik.

Sementara itu CLU adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki speliasasi dalam asuransi jiwa dan perencanaan harta benda. Individu harus lulus serangkaian kursus dan ujian untuk menerima penunjukan.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengumumkan 6 menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju, yaitu Tri Rismaharini didapuk menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara, Sakti Wahyu Trenggono yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pertahanan kini dipercaya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca: Menteri Edhy Jadi Tersangka KPK, Minta Maaf ke Prabowo Subianto

Baca: Mantan Menteri Jokowi Temukan Suplemen Untuk Menangkal Corona

Selanjutnya, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Yaqut Cholil Quomas menjabat sebagai Menteri Agama. Selanjutnya, M lutfi menjabat Menteri Perdagangan serta Budi Gunadi Sadikin menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan.

Share this: