Rekrutmen Guru Honorer Jadi ASN PPPK 2021 Resmi Dibuka

Share this:
BMG
Mendikbud Nadiem Makarim dalam konferensi daring Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021, Senin (23/11/2020).

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Rekrutmen guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara ( ASN) lewat skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) resmi dibuka dan proses seleksi akan dilakukan mulai tahun 2021.

Pengumuman resmi itu disampaikan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, dalam konferensi daring Pengumuman Seleksi Guru PPPK Tahun 2021, Senin (23/11/2020).

Kemendikbud akan memberikan kesempatan bagi 1 juta guru honorer menjadi ASN lewat skema PPPK. Rekrutmen terbuka untuk semua guru honorer di sekolah negeri dan swasta yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan serta Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG yang) saat ini tidak mengajar.

“Semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar dan mengikuti seleksi dan semua yang lulus seleksi akan menjadi guru PPK hingga batas satu juta guru,” ujar Nadiem.

Setiap pendaftar, masih kata Nadiem, diberi kesempatan mengikuti ujian seleksi sampai tiga kali. Jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar, dan mengulang ujian hingga dua kali lagi pada tahun yang sama atau berikutnya.

“Kemendikbud akan menyediakan materi pembelajaran secara daring untuk membantu pendaftar mempersiapkan diri sebelum ujian seleksi,” katanya.

BacaAda Bukti PNS Terlibat Politik Praktis, Datang ke Pemuda Pancasila, Hadiah Rp25 Juta

Dikatakan, pemerintah pusat akan memastikan tersedianya anggaran bagi gaji semua peserta yang lulus seleksi.

“Daerah tidak perlu khawatir mengajukan kebutuhan formasi karena biaya telah tersedia,” tegas Nadiem.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: