Refleksi Hari Kesaktian Pancasila di Mata Kabaharkam Polri Komjen Agus

Share this:
BMG
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto di sela kunjungan Supervisi Ops Aman Nusa II dan Asistensi Tahapan Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Sumut, Kamis (1/10/2020).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Segenap Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahunnya pada 1 Oktober, Ideologi bangsa dan falsafah negara diuji oleh sejarah melalui rentetan peristiwa kekerasan, penghianatan, dan perebutan kekuasaan.

Di tengah pandemi covid-19, yang saat ini masih mewabah, nilai-nilai Pancasila-lah yang saat ini kita jadikan landasan.

Hal ini disampaikan oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto di sela kunjungan Supervisi Ops Aman Nusa II dan Asistensi Tahapan Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Sumut.

Kepada awak media, mantan Kapolda Sumut ini menyampaikan pentingnya menjaga dan mengawal Pancasila sebagai konsensus Bangsa Indonesia.

“Indonesia adalah negara kepulauan, terdiri atas masyarakat yang berbeda suku, agama, ras, bahasa, dan budaya. Tentunya, masing-masing personal memiliki ego dan keinginan masing-masing,” ujar Komjen Agus.

BacaMangapul Purba: Kembalikan Pancasila Jadi Mata Pelajaran Wajib di Sekolah

Jika saat ini muncul kembali ego pribadi yang memaksakan keyakinannya, sukunya yang paling benar dan paling baik, apalagi sampai ingin mengganti Pancasila dengan ideologi yang diyakini sendiri, itu sama artinya kita mundur jauh ke belakang, yang semestinya sudah selesai 75 tahun yang lalu.

“Jika dipaksakan, yang terjadi adalah konflik berkepanjangan karena satu sama lain merasa paling benar dan Indonesia bisa bubar,” tegas Komjen Agus.

Share this: