Sinabung Kembali Erupsi, Berastagi Hujan Abu

Share this:
ERIANTO PERANGINANGIN-BMG
Gunung Sinabung kembali erupsi, Senin (10/8/2020) siang. Foto diabadikan dari Jalan Veteran, Gang Serasi, Kelurahan Gundaling 2, Kecamatan Berastagi, Karo. 

KARO, BENTENGTIMES.com– Gunung Sinabung kembali memuntahkan abu vulkanik Senin (10/8/2020), siang sekira pukul 10.16 WIB.  Erupsi Sinabung kali membuat beberapa daerah terlihat gelap dan Kota Berastagi dihujani abu vulkanik.

 

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen Putra menjelaskan, letusan Gunung Sinabung kali ini dengan tinggi kolom abu teramati ± 5000 meter (5 km) di atas puncak ± 7.460 meter dari atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah Timur dan Tenggara.

Armen mengatakan, saat ini Gunung Sinabung status level III (siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak boleh melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, lokasi radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara.

Gunung Sinabung kembali erupsi, Senin (10/8/2020) siang. Foto diabadikan dari Jalan Veteran, Gang Serasi, Kelurahan Gundaling 2, Kecamatan Berastagi, Karo.

Pada kesempatan itu, dia mengimbau seluruh masyarakat tetap memakai masker saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Langkah itu demi menjaga kesehatan dampak dari abu vulkanik.

Dia juga berharap kerja sama semua pihak agar menjamin ketersediaan air, baik untuk keperluan membersihkan debu dari atap rumah-rumah warga agar tidak sampai roboh dan juga untuk menjamin kebutuhan air bersih warga.

Kepada masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai berhulu Gunung Sinabung, diimbau tetap waspada terhadap bahaya lahar.

BacaSinabung Kembali Meletus, Muntahan Debu Vulkanik Capai 2000 Meter

BacaBerastagi Tertutup Debu Letusan Gunung Sinabung

Permukiman warga di Jalan Veteran, Gang Serasi, Kelurahan Gundaling 2, Kecamatan Berastagi, Karo, tampak diselimuti abu erupsi Sinabung, Senin (10/8/2020) siang.

Informasi diperoleh, akibat erupsi Sinabung sejumlah desa di Tanah Karo telah terpapar abu vulkanik. Dampak abu vulkanik juga turut dirasakan masyarakat Berastagi.

Dari pantauan BENTENG TIMES, Kota Berastagi saat ini dihujani abu vulkanik. Aktivitas masyarakat pun terhenti. Para petani mulai resah karena terancam akan mengalami gagal panen akibat terpapar abu vulkanik.

Share this: