Ini Penampakan Terkini Tol Medan-Danau Toba

Share this:
dok PT Hutama Karya (Persero)-BMG
Ruas jalan Tol Medan menuju Danau Toba dalam tahap finishing.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Pembangunan jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 143,5 Km sedang dalam proses pelaksanaan. Nanti setelah terhubung, jarak Kota Medan menuju Danau Toba, dapat ditempuh hanya 1,5 jam.

Dikutip dari Instagram Hutama Karya, pembangunan jalan tol ini ditugaskan kepada Hutama Karya dan BUMN lainnya, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, yaitu PT Waskita Toll Road (WTR).

Ketiganya membentuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yakni PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) untuk pembangunan jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Nantinya tol akan terdiri dari 6 seksi. Seksi 1 Tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 Km.

Seksi 2 Tol Indrapura-Kuala Tanjung, sepanjang 18,05 Km. Seksi 3 Tol Tebing Tinggi-Serbelawan sepanjang 30 Km.

Ruas jalan tol Medan- Danau Toba.

Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar sepanjang 28 Km. Seksi 5 Tol Pematang Siantar-Seribudolok sepanjang 22,3 Km, dan Seksi 6 Tol Seribudolok-Parapat, sepanjang 16,7 Km. Kemudian terdapat Junction Tebing Tinggi sepanjang 7,9 Km.

Penampakan terkini ruas jalan Tol Medan menuju Danau Toba.

Setelah terhubung, jarak dari Kota Medan menuju Danau Toba dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 1,5 jam.

BacaWalau Pandemi, Tidak Ada Pembangunan Infrastruktur Danau Toba yang Dihentikan

BacaRapat di Kementerian PUPR, Terkelin Usul Pembangunan Tol Medan-Berastagi

Kehadiran tol ini tidak hanya efisien dalam waktu tempuh, akan tetapi memperbanyak aksesibilitas ke destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para turis saat berlibur di Sumatera Utara. Dengan begitu, mereka mempunyai banyak pilihan jalur transportasi mulai dari moda transportasi udara, laut dan darat.

Share this: