Sudjiatmi Notomihardjo, Sosok Tangguh di Balik Karir Politik Presiden Jokowi

Share this:
Sudjiatmi Notomihardjo, ibunda Presiden Jokowi, yang meninggal dunia pada Rabu (25/3/2020).

SOLO, BENTENGTIMES.com – Kabar duka datang dari keluarga besar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sang ibunda, Sudjiatmi Notomihardjo, meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020) sore sekitar pukul 16.45 WIB.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung membenarkan informasi tersebut. “Iya informasinya benar,” kata Pramono Anung.

Diketahui bahwa ibunda Presiden Jokowi mengembuskan nafas terakhir di RS DKT Solo Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Laweyan, pada usia 77 tahun.

BACA: Innalillahi, Ibunda Presiden Jokowi Wafat

Informasi dari berbagai sumber, diketahui bahwa Sujiatmi Notomihardjo lahir pada 15 Februari 1943. Perempuan dari keluarga pedagang kayu ini tumbuh besar di kawasan Ngemplak, Boyolali, Jateng.

Dia menikah dengan Widjiatno Notomihardjo yang tinggal di Karanganyar, Solo pada 1959. Dari pernikahan itu, dia dikaruniai empat anak, yakni Jokowi, Sriyatin, Idayati dan Titik Ritawati.

Tak banyak informasi pribadi dari Sujiatmi. Namun, sosok Sujiatmi diketahui merupakan saksi mata atas karir politik Jokowi sejak menjadi Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi presiden Indonesia dua periode.

Selama hidup, Sujiatmi diketahui pernah mendapat penghargaan sebagai Perempuan Tangguh Award 2018 dari Ketuda Dewan Perempuan PERTIWI Mooryati Soedibyo.

BACA: Jokowi: Sesibuk Apapun, Sempatkan Waktu Bersama Keluarga

Menjelang Pilpres 2014 lalu, Sujiatmi berpesan pada Jokowi untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. “Kalau sudah jadi sesuatu, apapun risikonya ya jalankan,” katanya kala itu.

Sujiatmi mengatakan agar Jokowi harus menjalankan tugasnya sebagai presiden dengan jujur. “Pesan saya itu saja buat Jokowi,” ujarnya.

Share this: