Ini Obat Ajaib dari Jepang yang Mampu Membasmi Virus Corona

Share this:
Avigan, obat dari Jepang yang mampu membasmi virus corona.

JAKARTA, BENTENGTIMES.com – Kabar baik baik dunia bahwa ada obat flu yang mampu melawan virus corona COVID-19. China menyebut obat flu tersebut bermerek Avigan. Avigan merupakan obat favipiravir yang dikembangkan oleh Fujifilm Toyama Chemical.

“Sangat aman dan jelas efektif,” kata Direktur Pusat Nasional China untuk Pengembangan Bioteknologi, Zhang Xinmin, dalam konferensi pers dikutip dari Nikkei Asian Review, Rabu (18/3/2020).

BACA: Cegah Corona, Gubsu Edy Perintahkan Sekolah Libur, Karpet Masjid Dibuka

Fujifilm Toyama mengembangkan obat ini pada 2014. Avigan sudah diberikan pada pasien corona di Jepang sejak Februari. Uji klinis juga sudah dilakukan pada 200 pasien di rumah sakit Wuhan dan Shenzhen. Hasilnya, mereka negatif dalam waktu singkat dan gejala pneumonia sangat berkurang.

Menurut Zhang, pasien yang memakai favipiravis dites negatif setelah empat hari. Sementara pengguna obat lain 11 hari.

Sementara itu, dari percobaan klinis di Wuhan, pasien yang diobati favipiravir sembuh dari demam dalam 2,5 hari. Sementara pasien lain 4 hari.

Gejala batuk membaik dalam 4 hari, lebih awal dibanding mereka yang tidak minum obat. Avigan sendiri, diatur khusus oleh pemerintah Jepang, di mana ia hanya bisa digunakan jika influenza jenis baru muncul.

Pasalnya ada studi yang mengatakan ia rentan membuat kegagalan janin. Tapi hal ini tak dijelaskan Zhang.

Sementara itu, kini China dikabarkan mulai memproduksi favipiravir secara serius. Namun Fujifilm mengatakan perusahaan tidak ikut dalam uji klinis itu.

BACA: Siaga Virus Corona, Stok BBM dan LPG Aman untuk 20 Hari

Meski demikian, sebelumnya Fujifilm memang melakukan perjanjian paten dengan perusahaan China, Zhejiang Hisun Pharmaceutical di 2016. Tapi dibatalkan pada 2019 lalu.

Share this: