Jokowi: Saatnya Kerja dan Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah

Share this:
BMG
Presiden Jokowi, saat menggelar konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Presiden Joko Widodo mengimbau segenap masyarakat Indonesia agar meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19. Menurut Jokowi, salah satu caranya adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi, saat menggelar konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3/2020).

Jokowi menuurkan, langkah ini perlu dilakukan agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

“Agar penyebarannya bisa kita stop,” kata Jokowi.

Selain itu, ia juga meminta semua orang agar mulai bekerja sama dan saling tolong menolong supaya penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan baik.

“Inilah saatnya bekerja bersama-sama, tolong menolong dan bersatu padu. Gotong royong, kita ingin ini jadi gerakan masyarakat agar masalah Covid-19 bisa ditangani secara maksimal,” kata orang nomor satu di Indonesia itu.

BacaCegah Virus Corona, 83 Orang di Sumut Dikarantina Rumah

Jokowi juga memastikan bahwa pemerintah akan terus berkomunikasi dengan Badan Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization).

“Dalam mengatasi penyebaran Covid-19, pemerintah menggunakan protokol kesehatan WHO, serta konsultasi dengan ahli kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Lima Orang Meninggal Dunia

Saat ini, lanjut Jokowi, pemerintah telah membentuk Gugus Tugas yang dipimpin langsung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo. Pembentukan gugus tugas bertujuan untuk mensinergikan semua unsur lembaga, baik pusat maupun daerah, dalam menangani Covid-19.

Namun ia menyadari salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia adalah kondisi geografinya yang tersebar sebagai negara kepulauan.

“Sebagai negara kepulauan, tingkat penyebaran Covid-19 ini derajatnya bervariasi di daerah satu dengan yang lainnya,” terang Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi meminta seluruh gubernur, bupati, dan wali kota untuk terus memantau dan menelaah semua persoalan di lapangan dalam penanganan virus corona.

BacaCara Sederhana Cegah Virus Corona, Hidup Sehat, Rutin Olahraga, Tidur Teratur!

Hingga Minggu (15/3/2020), diketahui ada 117 kasus Covid-19 terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Jumlah ini bertambah 19 kasus sejak pengumuman kemarin, Sabtu (14/3/2020).

Sejauh ini, pemerintah menyebutkan telah ada lima orang yang meninggal dunia setelah dinyatakan positif mengidap virus corona atau Covid-19. Selain itu, ada delapan orang yang telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Share this: