Dansatgas Tanggap Darurat Gunung Sinabung Terus Pantau Perkembangan

Share this:
BMG-ERIANTO PERANGIN-ANGIN
Dansatgas Tanggap Darurat Gunung Sinabung melakukan pemantauan di kantor PVMBG di Desa Ndokum Siroga.

KARO, BENTENGTIMES.com – Gunung Sinabung sampai saat ini masih berstatus awas Level 4. Dan, untuk memastikan dan mendengar langsung bagaimana kondisi terkini, Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE selaku Dansatgas Tanggap Darurat Gunung Sinabung menemui langsung pihak PVMBG sebagai pihak pemantau Gunung Sinabung, Kamis (9/5/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE yang juga Dandim 0205/TK hadir didampingi Pasinteldim Tanah Karo Kapten Inf Gandhi NH dan Danramil 04/SE Kapten Kav J Surbakti dan langsung melakukan pengecekan fisik.

BACA: Sinabung Status Awas, Dilarang Lakukan Aktivitas di Lokasi-lokasi Ini

Kepada Dansatgas, Staf PVMBG Arif Cahyo menjelaskan bahwa aktivitas Gunung Sinabung masih dalam Level IV (Awas).

Dijelaskan, untuk data monitoring, baik dari kegempaan maupun data deformasi, tidak menunjukkan fenomena yang signifikan (menonjol).

Kemudian, dari data difisual, ditemukan data baru berupa lubang kawah di sisi tenggara, namun fenomena tersebut masih normal dan untuk saat ini kondisi Sinabung masih relatif aman.

“Namun diimbau kepada masyarakat agar jangan memasuki zona merah, apalagi melakukan aktivitas,” jelas Arif Cahyo.

Sementara Letkol Inf Taufik Rizal Batubara SE mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan agar jangan memasuki zona merah yang sudah ditentukan, apalagi mendekati aliran Sungai Lau Borus, karena situasi Gunung Sinabung masih berstatus awas.

BACA: Permintaan Maaf Lima Remaja Pendaki Gunung Sinabung dan Sikap Dandim Tanah Karo

Perwira yang juga mantan Paspampres ini menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan monitor dan tetap berpedoman kepada petugas dari PVMBG.

“Jangan kita percaya terhadap orang yang menyebarkan isu-isu yang tidak bertanggungjawab tentang situasi gunung kita ini. Tetap kita dengarkan instruksi dari BPBD dan PVMBG. Sekali lagi saya tegaskan kepada masyarakat agar jangan memasuki ke zona merah,” ungkapnya.

Share this: