Pertemuan Bunda PAUD se-Indonesia, Ini Rumusan yang Dibahas

Share this:
BMG-PELITA MONALD GINTING
Bunda PAUD Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana foto bersama dengan Ketua Umum HIMPAUDI dan Bunda PAUD se-Indonesia.

KARO, BENTENGTIMES.com – Bunda PAUD Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana menghadiri acara Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia dini lndonesia (HIMPAUDI).

Kegiatan ini dibuka istri Mendikbud Wida Muhadjir Effendy sekaligus mewakili Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), dalam rangka kegiatan Rapat Koordinasi Nasional dan Workshop Guru Kreatif (WGK) bagi anggota dan pengurus HIMPAUDI yang berasal dari seluruh Indonesia, Sabtu (23/2/2019) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

BACA: Kadisdik Buka Lomba Kreativitas Anak-anak PAUD dan TK se-Kabupaten Karo

Menurut Sariati, ada beberapa isu yang diangkat dalam topik Rakornas oleh Ketua umum HIMPAUDI Prof Dr Ir Netti Herawati MSi saat memberikan materi/bimbingan kepada seluruh peserta Bunda PAUD baik dari tingkat provinsi hingga tingkat kabupaten.

“Isu tersebut di antaranya HIMPAUDI sedang berjuang di Mahkamah Konstitusi melakukan judicial review atas beberapa pasal yang tertuang dalam UU No14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, terwujudnya sinergi dan kolaborasi stakeholder dalam gerakan PAUD berkualitas dan gerakan akreditasi bagi lembaga PAUD di lndonesia, berdasarkan Kepmendiknas No.087/U/2002,” ujar Sariati.

Selain itu, ada kegiatan peluncuran gerakan sarapan padat bernutrisi, mengingat rendahnya keinginan anak sekolah tidak sarapan pagi, padahal berdampak terhadap kerja otak. Selanjutnya, gerakan pencegahan stunting bagi anak usia dini di Indonesia.

Ketua umum HIMPAUDI juga mengajak semua stakeholder yang membidangi PAUD dari berbagai sisi penjuru dan institusi bergerak bersama melakukan pendataan, agar program unggulan HIMPAUDI, yaitu Workshop Guru Kreatif (WGK) dan Workshop Keluarga Kreatif (WKK) di setiap daerah terlaksana.

BACA: Horeee.. Siswa Tobasa Diberi Laptop dan Sepeda oleh Ibu Negara

“Rencana ke depan sistem ini, apa yang dapat kita aplikasikan di Pemerintahan Kabupaten Karo, kita akan mencoba mengkordinasikan nantinya dengan Dinas DPMD dan Dinas Pendidikan, dengan tujuan menghasilkan gerakan PAUD yang berkualitas, sesuai harapan Ketua Umum HIMPAUDI ” ujar Ny Sariati Terkelin Brahmana.

Share this: