Penyaluran Bansos Libatkan Kepolisian, Kapolri Bentuk Satgas Khusus

Share this:
BMG
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian sepakat untuk bersama-sama mengamankan penyaluran bantuan sosial yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman di Mabes Polri, Jumat (11/1/2019).

JAKARTA, BENTENGTIMES.com– Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan video conference (vicon) tentang pelaksanaan penandatanganan MoU antara Polri dan Kemensos RI mengenai Bantuan Pengamanan dan Penegakan Hukum pada penyaluran Bansos di Mapolda Jabar, Jumat (11/1/2019).

Video confrence yang dipimpin Kapolri tersebut dihadiri oleh Kapolda Jawa Barat, Gubernur Jabar, Wakapolda Jabar, Pejabat Utama Polda Jabar, Kadis Sos Provinsi Jabar, Kapolres/Ta/Tabes atau yang mewakili di kesatuan masing-masing.

Kapolri menuturkan bahwa diadakannya MoU ini sangat penting karena hampir 60 persen masyarakat Indonesia masuk dalam katagori low class, sehingga memerlukan bantuan dari pemerintah (Kemensos).

“Tahun 2019 bantuan akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu, bencana alam, dan bencana sosial,” tutur Tito.

BacaHotman Paris Ditemui PNS Sergai, Laporkan Bansos Dipakai Bayar Uang Ketok Palu DPRD

Ke depan, Polri akan membentuk Satgas Khusus Pengamanan Bantuan Sosial yang akan dipimpin oleh Bintang dua. Selain itu akan dipelajari mekanisme bantuan dan siapa saja yang menerima bantuan tersebut, jangan sampai menjadi masalah hukum dan masalah keamanan.

“Jika dalam pelaksanaannya ada penyimpangan seperti kebocoran pada saat distribusi, maka akan menjadi persoalan hukum sehingga nantinya bisa diproses,” tegas Kapolri.

Menurutnya, Polri siap membantu dan akan menyampaikan secara transparan kepada publik dengan cara expose media masa, dimana Humas Polri dan Bareskrim Polri menjadi ujung tombak dalam pengamanan dan kalkulasi data.

BacaPolisi Endus Dugaan Ratna Sarumpaet Gelapkan Donasi Tragedi Danau Toba

Adapun, Kapolda Jabar Irjend Pol Agung Budi Maryoto dalam video confrence menginstruksikan agar Polda Jabar bersama jajarannya segera mempersiapkan direkrif Kapolri yang in charge pada pendistribusian bantuan sosial. Untuk itu diharapkàn Kapolres/Ta/Tabes langsung berkoordinasi dengan dengan dinas sosial masing-masing.

“Untuk menghadapi situasi terkini, diharapkan para kapolres Jajaran Polda Jabar untuk bersinergi dengan TNI terutama menjelang Pemilihan Presiden,” pungkasnya.

Share this: