Pos TNI di Papua Kembali Diserang Kelompok Separatis, 2 Prajurit Terluka

Share this:
BMG
Lokasi pembangunan jembatan Jalan Trans Papua, di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Namun demikian, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat prajurit dalam pelaksanaan tugas dengan memanfaat segala sarana dan kemampuan yang dimiliki.

“Situasi saat ini di Distrik Yigi setelah TNI menempatkan pos di daerah tersebut, masyarakat yang tadinya lari berlindung ke hutan sudah mulai berangsur-angsur kembali ke kampung,” ujar Aidi.

Aidi menambahkan, sesuai data yang berhasil dihimpun bahwa pelaku KKB pimpinan Egianus Kogoya bukan berasal dari Distrik Yigi. Kalaupun ada jumlahnya hanya beberapa orang.

BacaAkui Serang Pekerja di Trans Papua, OPM: Kami Menuntut Kemerdekaan

BacaJokowi: Kita Tidak Takut, Justru Makin Membara Bangun Papua

Sedangkan Egianus Kogoya sendiri sesuai dengan data berasal dari Distrik Mapenduma. Hal ini diperkuat berdasarkan keterangan dari saksi yang selamat bahwa pada saat kejadian warga masyarakat asli di Distrik Yigi berusaha mencegah KKB melakukan tindakan keji tersebut.

Bahkan saat KKB melaksanakan penyisiran ke kampung-kampung, warga asli Yigi berusaha melindungi warga pendatang yang sedang melakukan pekerjaan beberapa bangunan di Yigi.

“Mereka memberitahukan kepada para pekerja agar segera lari menyelamatkan diri ke hutan karena KKB sedang mencari dan akan menangkap mereka,” pungkas Aidi.

Share this: