Yaman Terlibat Konflik, Putri Habib Rizieq Tertahan di Oman

Share this:
BMG
Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab diabadikan saat liburan bersama istri dan putri-putrinya di Turki.

YAMAN, BENTENGTIMES.com– Putri imam besar FPI Habib Rizieq Syihab hendak menyeberang dari Oman ke Yaman, tapi tidak bisa. Hal itu dikarenakan Yaman sedang terlibat perang. Pemerintah Oman tak mau ada warga negara asing (WNA) yang menyeberang ke Yaman lewat tanahnya.

Peristiwa tertahannya putri Rizieq di Oman ini diketahui lewat keterangan juru bicara FPI Slamet Maarif. Slamet bahkan mengatakan jika putri Rizieq dihadang atas peran pemerintah Indonesia.

“Putri Habib Rizieq dihadang di Oman,” sebut Slamet, dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (8/10/2018).

Bukan hanya putri Rizieq, ada sekitar 200 mahasiswa dan santri juga tertahan di Oman karena tak bisa menyeberang ke Yaman. Tujuan mereka adalah Provinsi Hadramaut.

Slamet kemudian membandingkan Indonesia dengan negara lain yang menurutnya memberi izin kepada warganya di Oman untuk menyeberang ke Yaman.

“Thailand saja yang negara Buddha memberi rekomendasi warga muslimnya belajar di Yaman. Kok Indonesia yang mayoritas muslim melarang?” protes Slamet.

(Baca: Demokrat Tak Mau Dikomandoi Rizieq: Apa Itu Koalisi Keummatan?)

(Baca: Orang Terkaya di Inggris Siap Beli Chelsea dari Roman Abramovic)

Menjawab Slamet, pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menerangkan bukan pihaknya dan KBRI Oman yang melarang 200 WNI, termasuk putri Rizieq ke Yaman. Melainkan negara Oman sendiri yang melarang orang asing menyeberang ke Yaman.

“Semua WNA dilarang. Yang melarang mereka menyeberang perbatasan adalah Pemerintah Oman. Karena sejak Mei 2018 mereka sudah memutuskan tidak mengizinkan warga asing mana pun keluar/masuk perbatasan Oman dari dan ke Yaman,” terang Direktur Perlindungan WNI Kemlu Lalu Muhammad Iqbal.

(Baca: Disetujui Jokowi, Komando Operasi Khusus Gabungan TNI Aktif Kembali)

(Baca: Ratna Sarumpaet Klaim Rencana Keberangkatan ke Chile Dibiayai Pemda DKI)

Kemlu tak memberi perlakuan khusus terhadap siapa saja dari 200 WNI itu. Lalu, Iqbal sendiri tak tahu-menahu yang mana putri Rizieq di antara 200 orang itu. Namun kondisi mereka baik-baik saja.

Share this: