Alumni Santo Thomas Medan Ini Raih Bintang Kehormatan dari Australia

Share this:
Prof Rose Amal semasa SMA di Santo Thomas Medan.

AUSTRALIA, BENTENGTIMES.com – Setiap tahun di bulan Juni, Australia memiliki tradisi yang dilakukan untuk memperingati ulang tahun Ratu Elizabeth yang masih secara resmi menjadi kepala negara Australia.

Perayaan ini dilakukan dengan memberikan bintang kehormatan kepada mereka yang dianggap berjasa di bidang masing-masing. Penghargaan tersebut diberikan melalui Companion of The Order of Australia (AC). Setiap tahunnya, AC hanya memberi penghargaan kepada 35 orang.

Dan, penghargaan AC yang diberikan pada Senin (11/6/2018) ini ternyata juga diterima oleh wanita asal Medan yang bekerja di Universitas New South Wales. Dia adalah Prof Rose Amal, wanita kelahiran Medan dan pindah ke Sydney sejak 35 tahun lalu.

Amal mendapatkan penghargaan karena jasanya di bidang teknik kimia, khususnya di bidang teknologi partikel.

Ibu dua anak ini juga diberi penghargaan atas perannya sebagai role model dan mentor bagi perempuan di dunia sains. Amal juga pernah masuk dalam salah seorang dari 100 insinyur paling berpengaruh di Australia.

“Saya bisa mengatakan ketika saya pindah ke sini 35 tahun lalu sebagai mahasiswa, saya tidak pernah berpikir, tidak pernah bermimpi, bahwa saya akan mendapat penghargaan di Australia,” ujar Amal.

Prof Rose Amal

Amal dulunya menempuh pendidikan di SMA Santo Thomas, Medan. Sejak SMA, dia mengaku sudah tertarik dengan ilmu kimia, fisika dan matematika. Amal kurang menyukai biologi walaupun orang tuanya sempat menyarankan Amal untuk menjadi dokter.

Setelah tamat SMA, Amal melanjutkan pendidikan S1 Jurusan Teknik Kimia di University of New South Wales (UNSW) di Sydney. Sebelumnya, Amal sempat juga mempertimbangkan Amerika Serikat dan Kanada untuk melanjutkan pendidikan, namun ia merasa Australia lebih cocok karena dekat dengan Indonesia.

Share this: