Mahathir Jadi PM Tertua di Dunia

Share this:
Mahathir Mohamad menggelar jumpa pers kemenangan oposisi Pekatan Harapan, Kamis (10/5/2018) dinihari.

MALAYSIA, BENTENGTIMES.com – Gabungan oposisi Malaysia yang dipimpin mantan perdana menteri Mahathir Mohamad berhasil meraih kemenangan bersejarah dalam pemilihan umum Malaysia.

Hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum memperlihatkan aliansi gabungan oposisi Pakatan Harapan dan satu partai di negara bagian Sabah meraih 115 kursi parlemen atau melewati ambang mayoritas 112 kursi.

Dengan demikian, maka oposisi yang akan membentuk pemerintahan dan Mahathir Mohamad akan menjadi perdana menteri tertua di dunia pada usia 92 tahun.

Kepada para wartawan, Dr Mahathir mengungkapkan harapannya bahwa ada upacara pengambilan sumpah pada Kamis (9/5/2018) dan akan mengumumkan hari libur nasional. Dia berhasil mengalahkan Perdana Menteri Najib Razak, yang dibayang-bayangi dengan skandal keuangan badan investasi milik negara, 1MDB, walau Najib berulang kali membantahnya.

(Baca: Mahathir Mohamad Cetak Kemenangan Bersejarah dalam Pemilu Malaysia)

Hasil ini jelas menjadi sejarah dalam politik Malaysia yang sekitar 60 tahun belakangan dikuasai oleh koalisi Barisan Nasional, yang sebelumnya merupakan kubu Mahathir Mohamad.

“Kami tidak mengupayakan balas dendam, kami ingin memulihkan penegakan hukum,” kata Dr Mahathir kepada para wartawan saat menyatakan kemenangannya.

Peran utama Dr Mahathir

Kemenangan oposisi ini jelas tidak bisa dilepaskan dari peran Mahathir Mohamad, seperti dijelaskan oleh Ibrahim Suffian dari lembaga jajak pendapat umum, Merdeka Centre.

“Dia memberikan keyakinan kepada pengundi (pemilih), di mana pemilih yang sebelum ini mungkin takut-takut dan juga dipengaruhi oleh identitas politik namun kini berani melakukan perubahan dan terus memilih calon-calon Pakatan Harapan,” tutur Ibrahim.

Masalahnya adalah Mahathir sendiri merupakan tokoh masa lalu yang amat berperan dalam pembentukan koalisi pemerintah Barisan Nasional, namun Ibrahim menegaskan pemerintahan hasil pemilu kali ini akan berbeda.

(Baca: Hari Ini, 14 Juta Warga Malaysia Gunakan Hak Pilih di Pemilu ke-14)

“Pada waktu ini koalisi yang dipimpin Dr Mahathir adalah terdiri dari berbagai partai dan tidak ada yang memiliki mayoritas yang dominan, jadi mereka bergerak dalam satu partnership (kemitraan) yang lebih equal (seimbang).”

Sementara sebelumnya Barisan Nasional praktis didominasi oleh UMNO. Dengan perolehan suara aliansi oposisi yang mengungguli Barisan Nasional, maka Mahathir Mohammad akan menjadi perdana menteri tertua di dunia.

Sebelum pemilihan umum ini, diperkirakan bahwa jika menang, maka Mahathir Mohamad akan memerintah untuk sementara waktu sebelum menyerahkan kekuasan kepada Anwar Ibrahim, yang saat ini masih dipenjara.

“Yang kita lihat bahwa terdapat persetujuan di mana beliau mungkin akan memimpin selama dua tahun dan selepas itu akan diserahkan kepemimpinan kepada orang yang lain. Jadi kita lihat ini merupakan suatu proses transisi yang akan berlaku.”

“Ini adalah suatu perkara yang baru, tidak pernah ditemui masyarakat Malaysia. Jadi perubahan yang kira saksikan ini merupakan perkara yang begitu unprecedented (belum pernah ada sebelumnya),” tegas Ibrahim.

Dalam pemilu kali ini Mahathir memang bergabung dengan mantan wakilnya, Anwar Ibrahim, yang dulu pernah ‘dipenjarakannya’ dengan tuduhan sodomi.

Anwar sendiri -yang sebelum kehadiran Mahathir merupakan tokoh oposisi utama- hingga saat ini masih dipenjara karena dinyatakan terbukti bersalah dalam dakwaan sodomi yang kedua.

Share this: