KKP Tindak Kasus Tumpahan Aspal Mentah yang Cemari Perairan Nias Utara

Share this:
ADI LAOLI-BMG
Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Laksda TNI Dr Adin Nurawaluddin  MHan bersama tim berada di Bandar Udara Gunungsitoli, pada saat meninjau langsung lokasi tumpahan aspal mentah berasal dari Kapal MT AASHI yang kandas di perairan Kabupaten Nias Utara.

NIAS UTARA, BENTENGTIMES.com– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menindak kasus tumpahan aspal mentah yang mencemari Perairan Nias Utara, Kecamatan Tugala Oyo. Hasil pemeriksaan Polisi Khusus Pengelolaan Wilayah Pesisisr dan Pulau-Pulau Kecil (Polsus PWP3K), pencemaran tumpahan aspal mentah terjadi akibat kandasnya Kapal MT AASHI sejak 11 Februari 2023.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Laksda TNI Dr Adin Nurawaluddin MHan menyatakan bahwa saat ini, petugas Polsus PWP3K Pangkalan PSDKP Lampulo telah melakukan pengumpulan bahan dan keterangan di lapangan, termasuk pemeriksaan dan klarifikasi kepada pihak-pihak yang bertanggung jawab, yaitu PT RBS dan PT NSI, selaku owner representative Kapal MT AASHI.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, kapal MT AASHI kandas dikarenakan cuaca buruk dan kemudian terjadi kebocoran pada bagian lambung kapal. Saat ini, kondisi kapal 70 persen telah terendam air,” ungkap Adin, pada saat meninjau langsung lokasi pencemaran di Nias Utara, pada Sabtu (25/2/2023).

Sebelum meninjau langsung ke lokasi, Adin menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal PSDKP telah melakukan pemantauan melalui citra satelit dan pengamatan dari udara dengan menggunakan armada pengawasan udara (airborne surveillance) Ditjen PSDKP.

BacaAkhir Pekan di Kota Medan, Sekda Nias Utara Terjaring Razia Lagi Dugem

BacaDituduh Mengancam Pakai Parang Hingga Jadi Tersangka di Polres Nias, Warga Tuhemberua: Itu Fitnah

Hasil pemantauan dan pengamatan menunjukkan gumpalan aspal mentah ditemukan di wilayah perairan pulau Nias dalam radius kurang lebih di 5,6 NM dan yang terjauh 15,5 NM ke arah selatan dari titik karamnya kapal MT AASHI.

Halaman Selanjutnya >>>

3.595 Metrik Ton Aspal Mentah

Share this: