Partumpuan Pemangku Adat Budaya Simalungun Surati Presiden Jokowi, Tolak Klaim Lamtoras

Share this:
BMG
Ketua Umum PPAB Simalungun, Jan Toguh Damanik, didampingi Ketua Departemen Hukum dan Ulayat, Hermanto Sipayung.

Saat Deputi II Staf Presiden Silaturahmi dengan Lamtoras, Ada Bupati Radiapoh di Sana..

Beberapa waktu lalu, Jumat (2/9/2022), Deputi II Staf Presiden yang membidangi Pembangunan Manusia (KSP), Abetnego Panca Putra Tarigan, berkunjung ke Dusun Lumban Ambarita/Nagori Sihaporas, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

Saat Abetnego datang, turut hadir Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung.

Kedatangan Deputi II Staf Presiden untuk silaturahmi, mempererat tali persaudaraan dengan Masyarakat Adat Ambarita Sihaporas (Lamtoras), sekaligus melihat langsung permasalahan lahan antara masyarakat Sihaporas dengan PT Toba Pulp Lestari (TPL).

Pertemuan Deputi II Staf Presiden bersama Forkopimda Kabupaten Simalungun dan masyarakat Sihaporas digelar di Bagas Godang Lembaga Adat Keturunan Ompung Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras).

Abetnego menyampaikan bahwa kehadirannya sebagai bukti pemerintah ada untuk rakyat.

“Apa yang menjadi permasalahan bapak/ibu sekalian akan kami dengar dan sampaikan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia. Untuk itu mari bersama kita diskusikan guna mencari solusi,” ujar Abetnego.

Dia mengungkapkan bahwa sesuai laporan yang sudah disampaikan dan sudah diketahui Presiden Jokowi bahwa permasalahan TPL itu juga menyangkut soal lingkungan hidup, permasalahan air, umbul, dan yang lainnya.

Sementara, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menuturkan, sebagai kepala daerah turut merasakan apa yang dialami masyarakat Sihaporas adalah demi kelangsungan kehidupan. Namun di sisi lain, pemerintah juga membutuhkan investasi, yang mana dari hasil investasi tersebut dapat dipergunakan oleh halayak ramai, dapat dipergunakan untuk pendidikan, kesehatan serta pertahanan negara.

“Untuk itu, saya berharap kepada bapak/ibu untuk dapat mengerti hak dan tanggung jawab,” tutur Radiapoh.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Deputi II Staf Presiden, Abetnego Tarigan, dan Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung foto bersama dengan masyarakat Sihaporas di depan Bagas Godang Lembaga Adat Keturunan Ompung Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras).

BacaTanah Ulayat Simalungun Itu Ada, di Mana, Siapa Pemiliknya?

BacaKlaim Tanah Adat Bikin TPL Meradang, Pemerintah Harus Tegas, Dunia Usaha Butuh Kepastian Hukum

Kapolres Simalungun AKBP Ronald Fredy C Sipayung mengungkapkan, sudah lebih dari enam kali melakukan pertemuan dengan masyarakat Sihaphoras. Dari situ dia menyadari bahwa masyarakat Sihaporas dapat diajak berkoordinasi, terutama soal solusi mengenai keamanan dan ketertiban.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: