Waskita Tidak Punya Uang Garap Proyek Rp2,7 Triliun di Sumut, Kok Bisa Menang Tender?

Share this:
BMG
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam Acara GroundBreaking Ceremony tanda dimulainya proyek pembangunan jalan dan jembatan senilai Rp2,7 triliun di Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Sumut Bilang Begini..

Kemudian muncul pertanyaan berbagai pihak, lalu bagaimana bisa Waskita Karya memenangkan tender proyek Rp2,7 triliun, tersebut?

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Sumut, Mulyono, mengatakan setahu pihaknya Waskita Karya sanggup mengerjakan proyek Rp2,7 triliun tersebut.

“Jadi, kami memang di sini yang menyeleksi tendernya. Kebetulan hanya 2 perusahaan yang ikut, yakni Waskita (KSO) dan PP, KSO juga,” kata Mulyono kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Jumat (4/11/2022), sebagaimana dilansir dari medanbisnisdaily.com.

Dijelaskan, Waskita menyanggupi jaminan ketersediaan keuangan sebagaimana yang diminta dalam persyaratan tender. Jumlahnya saat itu Rp1,4 triliun.

“Kan di-upload itu buktinya, rekening bank, rekening koran, gitulah,” ujar Mulyono.

Dan tidak hanya sebatas itu, Pokja Tender juga mengonfirmasi ke pihak bank (BNI), juga benar bahwa Waskita punya dana.

“Bahkan ada sampai Rp4,5 triliun, tentu sudah melebihi ya,” kata Mulyono.

Di sisi lain, PT PP bersama KSO-nya saat evaluasi tender itu, tidak menyatakan jaminan ketersediaan keuangannya. Jadi, berdasarkan fakta-fakta itulah, maka kemudian Waskita yang akhirnya ditetapkan sebagai pemenang tender.

“Bahwa kemudian dalam perjalanannya saat ini Waskita dikabarkan tidak memiliki dana, wah tentu itu tidak pada ranah kami lagi. Kami tidak sampai menganalis ke sana,” tandas Mulyono.

BacaJokowi Datang, 24 Km Jalan Lingkar Penghubung di Pulau Nias Bakal Dibangun

BacaJutaan Batang Rokok Ilegal Bernilai Miliaran Rupiah di Sumut Disita, Termasuk Luffman dan Camlar

Meski demikian, Mulyono berharap ada solusi dari Waskita sehingga bisa menyelesaikan tanggung jawab menyelesaikan proyek jalan dan jembatan tersebut.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: