Waskita Tidak Punya Uang Garap Proyek Rp2,7 Triliun di Sumut, Kok Bisa Menang Tender?

Share this:
BMG
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam Acara GroundBreaking Ceremony tanda dimulainya proyek pembangunan jalan dan jembatan senilai Rp2,7 triliun di Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Kabar mengejutkan datang dari PT Waskita Karya. Badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi itu mengaku tidak memiliki dana untuk mengerjakan proyek pembangunan jalan dan jembatan senilai Rp2,7 triliun di Provinsi Sumatera Utara.

Informasi mengejutkan itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Sumut, Kamis 3 November 2022.

“Itu keterangan direktur operasional (Waskita) dalam rapat Komisi D DPRD Sumut,” kata Anggota DPRD Sumut Dhody Tahir, Jumat (4/11/2022).

Sebagaimana diketahui, Waskita sejak awal ditunjuk sebagai kontraktor mega proyek itu. Namun, dari rapat itu diketahui jika PT Waskita saat ini masih sedang mencari pinjaman untuk melanjutkan program multi years tersebut.

Selain itu, Waskita menjelaskan bahwa pengerjaan proyek jalan dan jembatan saat ini sangat berat, mengingat cuaca sering hujan.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Sumut, Bambang Pardede mengatakan, ketiadaan anggaran itu karena anggaran dari Waskita Karya di pusat, belum turun.

“Secara normatif, bukan nggak ada, tapi terlalu lamban diturunkan oleh Waskita Karya pusat,” kata Bambang.

BacaKritik Keras PSI dan GMKI Sumut, Nezar Djoeli dan Hendra Manurung Diminta Lihat Jalan Rusak di Simalungun

BacaGubsu Edy: Minggu Depan, Pembangunan Jalan dan Jembatan di Nias Barat Mulai Dikerjakan

Namun menurut dia, hal itu tidak terjadi pada perusahaan lain yang menjalin kerjasama operasional (KSO) pada proyek tersebut.

“Berbeda dengan 1 anggota KSO lainnya yang progresnya lebih maju. Seharusnya, Waskita Karya sebagai leader KSO, sebagai contoh, bukan sebaliknya,” kritik Bambang.

Halaman Selanjutnya >>>

Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Sumut Bilang Begini..

Share this: