Ini Alasan Mengapa Simalungun Tuan Rumah MTQ Korpri Sumatera Utara Tahun 2022

Share this:
BMG
Ketua Korpri Sumut H Arsyad Lubis bersama Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi melakukan pemukulan gonrang dalam Acara Pembukaan MTQ Korps Pegawai Republik Indonesia ke-VI Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Convention Hall Parapat, Selasa (12/7/2022).

Diikuti Delapan Cabang

Gubernur Sumatera Utara, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Korpri Sumut H Arsyad Lubis menyampaikan pada hakekatnya pelaksanaan MTQ Korpri tahun 2022 adalah untuk membina ukhuwah islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Provinsi Sumatera Utara.

“Momen MTQ ini hendaknya kita jadikan salah satu tonggak dalam membina qori dan qoriah untuk lebih menuju kemandiriannya. Untuk itu, mari kita selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Qur’an, dan bila kita telah membangun kecintaan kepada Al Qur’an, maka kita dapat mewujudkan semboyan tiada hari tanpa bacaan Al Qur’an,” kata Arsyad Lubis.

Sebelumnya, Ketua Panitia H Asren Nasution menyampaikan, tujuan dilaksanakannya MTQ merupakan bagian dari pembinaan mental, meningkatkan iman, dan taqwa bagi keanggotan Korpri, khususnya bidang seni baca Al Qur’an. Sekaligus juga memilih peserta terbaik untuk menjadi utusan Sumut pada MTQ Nasional di Kota Padang, Sumatera Barat, pada November 2022 mendatang.

“Kita berharap melalui MTQ ini kita memperoleh yang terbaik. Terakhir di Tahun 2021, Korpri Sumut memperoleh lima besar tingkat nasional, dan dijadwal pada penutupan nantinya akan langsung dilakukan oleh bapak Gubernur. Semoga kehadiran gubernur nantinya memberikan spirit bagi kita dalam mengikuti MTQ Nasional nantinya,” kata Asren.

Menurut Asren, cabang yang diikuti pada MTQ ini sebanyak delapan cabang tilawah putra/putri, Tartil putra/putri, Tahfiz yang meliputi juz 30, surat Al Baqarah, Ali Imran dan An Nisa serta 7 surah pilihan.

Kemudian, Cabang Khutbah Jum’at, Khottil Qur’an, Azan, dan do’a dengan total peserta sebanyak 96 orang dari 17 khafilah kabupaten/kota se-Sumut.

“Pada Cabang Tahfiz, Sumut salah satu provinsi unggulan di bidang dan rata-rata kita memperoleh emas pada cabang ini. Dan salah satu Da’iyah Simalungun di Tahun 2021 masuk finalis tingkat nasional, dan Qoriah kita Sari Maghfiroh dari Simalungun pada April kemarin menjadi Finalis MTQ Angkatan Darat se-Indonesia di Jakarta,” ungkap Aren.

Dia juga mengungkapkan salahsatu alasan kuat mengapa Simalungun dijadikan Tuan Rumah MTQ Korpri Sumatera Utara. Aren mengatakan, karena prestasi yang ditorehkan Simalungun untuk Sumatera Utara Bermartabat tidak diragukan lagi dan sudah diuji, maka Ketua Korpri Sumut menetapkan Simalungun menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ Korpri tahun 2022.

MTQ Korpri Sumut diikuti peserta sebanyak 96 orang dari 17 khafilah kabupaten/kota se-Sumut.

BacaYakin Lewat Seleksi Tilawatil Qur’an, Lahir Generasi Berkualitas dan Berakhlak Mulia

BacaKelurahan Martoba Raih Juara Umum MTQ Siantar Utara

Tampak hadir antara lain, Anggota DPRD Sumut Hj Hidayah Herlina Gusti Nasution, mewakili Walikota Siantar, Anggota DPRD Simalungun Ikhwanuddin Nasution, pimpinan BUMN, Dewan Pengawas, dan Dewan Hakim, Pengurus Korpri kabupaten/kota se-Sumut.

Halaman Sebelumnya <<<

Share this: