Dugaan Korupsi Pengadaan Bibit Lele Desa Lasara Sowu, Camat Lapor ke Walikota Gunungsitoli

Share this:
Kolase FB-BMG
Camat Gunungsitoli Utara Torotodo Zega.

GUNUNGSITOLI, BENTENGTIMES.com– Dugaan korupsi pengadaan bibit ikan lele di Desa Lasara Sowu, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli, senilai Rp394 juta lebih bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021, terus bergulir hingga menjadi sorotan masyarakat.

Sebelumnya pada April 2022, masyarakat Desa Lasara Sowu telah membuat laporan pengaduan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunungsitoli.

Lalu, pada 7 Juni 2022, Camat Gunungsitoli Utara Torotodo Zega merespon dengan berkirim surat ke Walikota Gunungsitoli, melaporkan dugaan korupsi dana desa dimaksud.

“Kami sudah mendengar ada masyarakat yang melapor di Kejaksaan Negeri Gunungsitoli. Biarlah proses hukum tetap berlanjut di kejaksaan. Kami juga punya beban moral untuk melaporkan kepada pimpinan,” Kata Torotodo, kepada BENTENG TIMES, melalui sambungan telepon selular, Rabu (22/6/2022).

Torotodo menjelaskan, surat yang dikirim kepada Walikota Gunungsitoli itu, sebagai tindak lanjut dari catatan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lasara Sowu pada Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Kepala Desa Lasara Sowu terhadap realisasi APBDesa Lasara Sowu Tahun Anggaran 2021.

Diterangkan, saat mereka melakukan evaluasi LPj Desa Lasara Sowu, BPD Lasara Sowu menuangkan beberapa catatan, di antaranya pada pengadaan bibit ikan lele belum menunjukkan ada pemberdayaan serta disinyalir terdapat unsur korupsi terjadi mark up. Kemudian, ada kegiatan fisik yang belum selesai dikerjakan.

BacaProyek Tangki Septik Komunal Desa Tetehosi Afia Gunungsitoli Utara Dinilai Sia-sia

BacaPupuk Langka di Gunungsitoli, Ratusan Hektar Sawah Terancam Gagal Panen

Sehingga, mereka melapor kepada pimpinan.

“Kiranya, bapak Walikota Gunungsitoli memerintahkan OPD terkait bidang pengawasan dalam hal ini Inspektorat Kota Gunungsitoli untuk melalukan pemeriksaan khusus terhadap realisasi APBDes Lasara Sowu Tahun Anggaran 2021,” kata Torotodo.

Halaman Selanjutnya >>>

Hanya 2 Sampai 3 Hari Setelah Dibagikan ke Masyarakat, Bibit Lele Mati

Share this: