Benteng Times

Jeritan ASN Karo Jelang Idul Fitri: Bu Bupati Cory Sebayang, Gaji Kami Kok Belum Cair?

Bupati Karo Cory S Sebayang. (Latar) Kantor Bupati Karo.

KARO, BENTENGTIMES.com– Seluruh umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, termasuk umat Muslim di Tanah Karo. Di Indonesia, pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah/2021 Masehi jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.

Namun di balik semangat menyambut hari kemenangan itu, ada keluh kesah yang sangat mendasar dari para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemkab Karo. Ternyata, mereka belum menerima gaji bulan Mei 2021.

Mereka juga belum mendapat penjelasan kapan hak mereka diterima. Sementara, perayaan Idul Fitri tinggal hitungan jam.

“Yah, mau cemana lagi. Kita hanya bisa mengurut dada (bersabar, red),” kata salahseorang pria berseragam ASN, usai mengunjungi salahsatu gerai ATM di Kabanjahe, kepada BENTENG TIMES.

Dia enggan menyebutkan identitas. Namun, dia mengatakan bahwa banyak rekan-rekannya sesama PNS yang balik kanan dari bank-bank, dengan tangan kosong.

“Kami mengira, gaji sudah cair. Ternyata belum,” timpal rekannya sesama ASN dengan wajah lesu.

BacaPT Bibit Unggul Karobiotek Diduga Serobot Hutan di Puncak 2000 Siosar

BacaSelesai! Pengembalian Tambahan Penghasilan ASN Karo Rp2,2 Miliar

Mereka mengatakan, sudah berkali-kali menanyakan perihal soal gaji belum cair ke pimpinan di masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Dinas). Namun, mereka tak kunjung mendapatkan jawaban pasti kapan gaji dicairkan.

“Kami sudah bolak-balik menanyakan gaji, hasilnya tetap nihil. Kapan gaji dicairkan, belum ada kejelasan. Sementara, sebentar lagi mau Lebaran,” tandasnya.

Bersambung ke halaman 2..

Keluhan serupa diutarakan salahseorang ASN berinisial R Br Ginting. Dia merupakan seorang ASN golongan rendah. Untuk menghidupi anak dan istrinya, selama ini, dia mengandalkan gaji.

“Ini sudah lima hari ditunggu, gaji belum cair. Bisa-bisa kami tidak makan bersama anak-anak di rumah. Sementara, ini mana mau ber-Lebaran. Apa-apa juga belum ada di rumah,” keluhnya.

Masih kata R Br Ginting, selain Gaji bulan Mei, dia juga ternyata belum menerima Gaji ke-13 dan THR (Tunjangan Hari Raya).

“Biasanya (paling lama) tanggal 2 setiap bulannya, gaji cair. Ini sudah tanggal 11,” keluh Ginting dengan mimik wajah kecewa.

BacaProjo Karo dan Warga Sukamaju Aksi Damai: Tangkap Mafia Tanah dan Perambah Hutan

BacaVilla Puncak 2000 Karo Jadi Sorotan, Ada Dugaan Pencemaran Lingkungan

Di tempat terpisah, seorang Guru SMP Negeri di Kabanjahe, yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, selain gaji, mereka juga belum menerima tunjangan sertifikasi guru. Ia malah sudah terbiasa dengan keterlambatan gaji.

“Kalau masalah gaji, sering kali pun terlambat. Januari kemarin, diterima di akhir Februari,” katanya.

Bersambung ke halaman 3..

Pada kesempatan wawancara dengan BENTENG TIMES, dia berharap agar keluhan mereka didengarkan langsung Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang.

“Kami sangat berharap dan meminta kepada Bupati Karo, Bu Cory S Sebayang, tolong pantau di mana kira-kira kendalanya! Gaji kami kok belum cair sampai sekarang. Ini kan sudah tanggal 11,” ucapnya penuh harap.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karo Tommy Heriko Sidabutar, ketika dikonfirmasi menyarankan agar menanyakan hal itu langsung ke Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karo.

“Kalau masalah itu bang, ke Kepala BPKAD saja,” jawabnya singkat.

Sementara itu, Kepala BPKAD Karo Andreasta Tarigan mengatakan, Selasa (11/5/2021), tidak ada kendala berarti dalam persoalan pembayaran gaji ASN di Karo. Ditegaskan bahwa pengajuan pembayaran gaji melalui kantor masing-masing, bukan ASN secara pribadi.

BacaViral! Dugaan Zina Oknum Anggota DPRD Karo dengan Istri Orang

BacaDidakwa Cemarkan Nama Baik Warga Juhar, Oknum ASN Dituntut 3 Tahun Penjara

Mengenai pembayaran gaji belum direalisasi, menurut Andreasta, karena belum ada pengajuan dari instansi yang bersangkutan.

“Jadi, Ini tergantung kecepatan dan kelengkapan dokumen dalam pengajuannya,” kata Andreasta kepada BENTENG TIMES.

Exit mobile version