Kamis Siang, Gunung Sinabung Luncurkan Awan Panas 500 Meter

Share this:
BMG
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, erupsi ditandai dengan luncuran guguran awan panas.

KARO, BENTENGTIMES.com– Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi pada Kamis (1/4/2021) siang pukul 13.41 WIB. Luncuran guguran awan panas teramati dengan jarak 500 meter di atas puncak Sinabung.

“Sementara kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah Timur Laut dan Timur,” kata Natanail Peranginangin, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Kamis (1/4/2021).

BacaRumah Tanpa Sekat Kamar: Maaf Cakap, Kalau Ingin Begituan Apa Pantas?

BacaAnak Sinabung Pendulang Prestasi Berharap Perhatian Lebih Pemkab Karo

Dijelaskan, erupsi Gunung Sinabung dengan tinggi 2.960 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 88 mm dan durasi lebih kurang 43 detik.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang warganya sudah dipindahkan serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

BacaSampai Hati, Hilang Nyawa Ayah Gara-gara Tak Terima Dibangunkan Tidur

BacaTruk Muatan 20 Ton Bibit Kentang Bantuan Korban Sinabung Masuk Jurang

Selain itu, radius sektoralnya pada lima kilometer untuk sektor Selatan-Timur dan empat kilometer untuk sektor Timur-Utara.

“Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan warga,” demikian Natanail.

Share this: