Tahun Ini, USU Terima 2.131 Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN, Farmasi Prodi Paling Diminati

Share this:
BMG
Rektor USU Dr Muryanto Amin.

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.131 mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun Akademik 2021/2022. USU menempati peringkat ke-5 Indonesia untuk perguruan tinggi dengan jumlah peminat terbanyak sebesar 33.966 orang dari jalur SNMPTN.

Demikian disampaikan Rektor USU Dr Muryanto Amin, dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/3/2021). Dia menyebutkan, USU juga sekaligus memposisikan diri sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di peringkat ke-9 yang menerima calon mahasiswa terbanyak dari jalur SNMPTN 2021/2022.

Menurut Muryanto, kenaikan jumlah peserta SNMPTN yang berminat masuk ke USU tersebut merupakan suatu hal positif dan sangat menggembirakan jika dibandingkan dengan kondisi saat ini, di mana pandemi Covid-19 masih memberikan tekanan yang cukup berat bagi masyarakat, khususnya di sektor ekonomi.

BacaKisah Inspiratif Danyonif 125/Simbisa Letkol Inf Anjuanda Pardosi: Pernah Jadi Tukang Semir

BacaSelamat! Fitriani Manurung, Srikandi PDIP Raih Gelar Doktor

Dikatakan, peningkatan jumlah peminat dari jalur SNMPTN mengindikasikan bahwa keinginan untuk memperoleh pendidikan di jenjang perguruan tinggi negeri masih cukup tinggi, dengan memaksimalkan peluang dari jalur yang memberikan kemungkinan untuk mengeluarkan dana kuliah yang tidak terlalu besar.

Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi USU, dimana perguruan tinggi negeri itu masih sangat dipercaya sebagai institusi pendidikan yang memberikan layanan akademik terbaik.

“Secara nasional pada tahun ini juga terjadi peningkatan peminat jalur SNMPTN dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2020, jumlah yang mendaftar tercatat 489.601 siswa. Sementara tahun 2021 terdapat 595.093 siswa pendaftar,” tulisnya.

BacaHakim Derman Nababan Sumbang Buku ‘Terbanglah Rajawaliku’ ke Mahasiswa UHN

BacaPeresmian Jembatan Kiras Bangun, Mengenang Patriotisme Garamata, Sang Legenda Tanah Karo

Dia menambahkan, pada tahun ini terdapat 5 prodi favorit di USU yang diincar para siswa peserta SNMPTN yakni Manajemen (2.222), Farmasi (91.874), Ilmu Kesehatan Masyarakat (1.764), Teknologi Informasi (1.674), dan Akuntansi (1.674). Farmasi menjadi prodi paling diminati dengan persaingan terketat di angka 1,69 persen.

Share this: