Kebakaran Lahan Gambut di Madina, Warga Terpaksa Dievakuasi

Share this:
BMG
Tim gabungan dari personel Polsek Batahan dibantu Koramil 20 Batahan, perangkat desa dan masyarakat bahu membahu memadamkan api, Senin (15/2/2021).

MADINA, BENTENGTIMES.com– Kebakaran lahan gambut terjadi di Desa Sinunukan VI, Kecamatan Batahan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Sedikitnya, 10 hektare lahan gambut milik masyarakat setempat ludes terbakar.

Menurut Camat Batahan Irsan Pariadi, kebakaran lahan gambut tersebut terjadi pada Minggu (14/2/2021) siang sekitar pukul 14.00 WIB. Disebutkan bahwa seluruh lahan yang terbakar merupakan milik masyarakat.

“Luas lahan yang terbakar diperkiraan sekitar 10 hektare,” sebut Irsan, Senin (15/2/2021).

Dia menuturkan, kebakaran lahan gambut tersebut diduga karena faktor cuaca panas. Kemudian diperparah angin yang bertiup kencang sehingga menyebabkan titik api semakin luas.

Kekhawatiran kemudian muncul terhadap keselamatan warga. Sebab lokasi lahan yang terbakar berada dekat dengan permukiman penduduk.

“Jarak antara lokasi kebakaran dengan permukiman warga hanya sekitar 200 meter,” ujarnya.

BacaSiantar Membara, Gudang Gas Elpiji Terbakar, 5 Orang Meninggal

BacaUji Tempur di Perbukitan Tor Sihite, TNI Temukan 3,5 Hektare Ladang Ganja

Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa, seluruh warga yang berdekatan dengan lokasi kebakaran di Desa Sinunukan VI terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

BacaSubuh Membara di Labuhanbatu, 33 Rumah Ludes Terbakar

BacaCekcok di Kedai Tuak, Oknum Wartawan Ditembak Senjata Api Rakitan

Dia menambahkan, siang itu, tim gabungan dari Personel Polsek Batahan dibantu Koramil 20 Batahan, perangkat desa dan masyarakat bahu membahu memadamkan api. Beberapa jam kemudian, api berhasil dipadamkan.

“Apinya sudah padam, namun kita perkirakan bara api masih ada di lahan gambut. Saat ini, tim masih berada di lokasi melakukan pemantauan,” pungkasnya.

Share this: