Hidup Sendiri, Wanita 70 Tahun Ini Bersyukur Punya JKN-KIS

Share this:
BMG
Lidia br Sembiring, peserta JKN-KIS.

KARO, BENTENGTIMES.com– Sejak sang suami meninggal dunia pada tahun 2015 lalu, Lidia br Sembiring (70) harus menjalani hidup seorang diri di masa senjanya. Kondisi ini bukanlah keadaan yang mudah bagi Lidia apalagi ia memiliki riwayat penyakit hipertensi yang bisa kambuh kapan saja.

“Saya ada Hipertensi. Dulu, kalau kambuh bapak (suami) yang selalu jagain, yang bawain berobat, dirawat sampai sembuh. Kalau sekarang apa-apa ya sendiri. Suka teringat saya sama mendiang kalau lagi sakit,” ujar Lidia, memulai percakapan bersama tim media pada Kamis (22/10/2020), di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe.

Pensiunan guru SD ini mengaku bahwa awal ditinggal sang suami adalah masa tersulit dalam hidupnya. Namun, seiring waktu Lidia dapat mengumpulkan kembali semangat hidupnya. Bersama JKN-KIS Lidia mencoba mandiri mengatasi penyakitnya itu.

“Syukurnya ada ini (JKN-KIS), kalau hipertensi saya tiba-tiba kambuh dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan, tidak terfikirkan biaya, prosesnya pun cepat. Apalagi saya ini kan sudah tua, tidak begitu mengerti administrasi ini itu. Tinggal tunjukkan ini (KIS) sudah selesai semuanya,” ucap Lidia, yang baru saja selesai mengganti kartu Askes miliknya menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS).

BacaRezeki Semakin Lancar Sejak jadi Peserta JKN-KIS, Lho?

Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak era PT Askes telah memberi banyak manfaat bagi Lidia. Ibu dari seorang putera ini mengungkapkan bahwa dirinya sudah sering berobat menggunakan KIS.

“Saya akui saya sangat bergantung dengan kartu ini. Sudah sering sekali saya berobat, baik berobat jalan maupun di opname selalu yang membantu saya ya kartu ini. Di masa tua saya ini KIS sangat membantu saya menjalani hidup,” tutur Lidia.

BacaOperasi Usus Buntu jadi Pengalaman Pertama Elida Manfaatkan JKN-KIS

Sebelum mengakhiri perbincangan, Lidia berharap agar program JKN-KIS terus berjalan agar anak cucunya kelak dapat merasakan juga kebaikan dari program ini.

Share this: