Jangan Sampai Jatuh Tertimpa Tangga, Segera Daftar JKN-KIS!

Share this:
BMG
Nur Utomo, peserta JKN-KIS.

KARO, BENTENGTIMES.com– Sudah jatuh tertimpa tangga. Begitulah perumpamaan Nur Utomo (49), jika jatuh sakit namun tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Saya sudah pernah merasakan itu, dulu,” ujar Utomo, membuka percakapan saat ditemui tim media di kediamannya di Berastagi pada Selasa (20/10/2020).

Dia menuturkan, waktu anak pertamanya terkena DBD dan harus diopname, namun mereka belum jadi peserta BPJS (JKN-KIS).

“Sudah lah kita khawatir lihat anak sakit, urus sana urus sini, harus bayar biaya rumah sakit yang tidak murah pula. Waduh, berat lah pokoknya. Memang penting sekali sebenarnya punya jaminan kesehatan ini,” ujar Utomo.

Tidak ingin kejadian tersebut terulang kembali, Utomo yang sehari-hari bekerja sebagai montir di sebuah bengkel di Kota Kabanjahe, berinisiatif mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada tahun 2017 lalu. Sejak itu, Utomo jadi lebih tenang, ia siap jika sakit datang sewaktu-waktu.

“Yah, namanya manusia kita pasti ingin hidup sehat terus. Tapi kan sakit juga ngga bisa diprediksi. Kadang sudah jaga kesehatan pun, bisa sakit juga,” tuturnya.

BacaDirawat Sekamar dengan Istri, Anak-anak di Perantauan, Untung Ada JKN KIS

Namun sejak jadi peserta BPJS, dia sekarang jauh lebih tenang. Kayak kejadian bulan lalu, istrinya tiba-tiba sesak, dadanya nyeri.

“Langsung saya bawa ke rumah sakit. Sempat dirawat selama dua hari. Tapi kali ini nggak kepikiran biaya, karena alhamdulillah sudah ditanggung BPJS (JKN-KIS),” ujar Utomo yang baru selesai melakukan olahraga jogging ini.

Selain dari segi biaya, Utomo juga memuji kualitas pelayanan kesehatan yang didapatkannya di rumah sakit.

“Untuk pelayanannya saya puas. Kami dilayani sepenuh hati,” ujar ayah dari 3 orang anak ini.

Ia mengatakan, jika ada keluhan langsung ditanggapi cepat oleh perawat dan dokternya. Kamarnya juga bagus, bersih dan nyaman.

BacaBersyukur Ada JKN KIS, Kalau Sakit, Cukup Bawa Kartu, Langsung Dilayani

Di akhir perbincangan, Utomo menyampaikan harapannya terhadap program JKN-KIS.

“Semoga (JKN-KIS) ke depannya dapat terus memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia, khususnya yang menengah ke bawah. Saya sebagai masyarakat yang sudah merasakan manfaatnya akan terus mendukung dengan bayar iuran tepat waktu,” pungkas Utomo.

Share this: