Sangat Terbantu Sejak Pertama Kali Ada JKN-KIS

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Elvina br Munte saat menemani putri bungsunya dirawat di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mina Kabanjahe, Rabu (17/6/2020) lalu.

KARO, BENTENGTIMES.com– Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) benar-benar sangat terasa bagi Elvina br Munte. Wanita berusia 41 tahun ini mengungkapkan, hampir semua keluarganya sudah pernah merasakan dibantu JKN-KIS.

“Program ini benar-benar sudah kami rasakan manfaatnya sejak dulu. Hampir semua keluarga saya sudah pernah dibantu JKN-KIS,” ungkap Elvina br Munte, saat dikunjungi BENTENG TIMES, pada Rabu (17/6/2020), di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mina Kabanjahe.

Sudah tiga hari Elvina merawat putri bungsunya yang dirawat di RSIA Mina karena DBD. Wanita yang akrab dipanggil dengan Nande Juli ini pun tidak dapat menyembunyikan raut kelelahannya. Namun, di balik itu semua, ia sangat bersyukur dengan adanya program JKN-KIS yang telah menanggung semua biaya pengobatan anaknya.

“Capek, tapi syukurnya di saat susah seperti ini kami tidak harus menambah beban pikiran dengan memikirkan masalah biaya karena ada BPJS. Jadi, saya bisa fokus merawat anak saya di sini,” ujar Ibu dari tiga putri ini.

BacaSempat Merasa Tak Butuh, Kini Gencar Ajak Masyarakat Daftar JKN KIS

Rasa syukur Elvina terhadap program JKN-KIS ini bukanlah pertama kali. Sudah banyak anggota keluarganya yang terbantu ketika sakit. Bisa dikatakan, Elvina dan keluarganya sudah sangat akrab dengan program ini sejak tahun 2014.

“Mulai dari orangtua, suami, adik ipar saya, anak saya, bahkan saya sendiri sudah pernah dirawat di rumah sakit. Untungnya, kami sekeluarga sudah mendaftar BPJS sejak dulu waktu pertama kali didirikan. Jadi belum pernah keluar uang untuk pengobatan. Ya paling kalau ada keluar cuma untuk biaya di luar itu, seperti beli popok,” ucap Elvina, yang terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) ini.

Intinya, dia merasa sangat terbantu. Dia memperkirakan, mungkin sudah banyak sekali uang yang harus mereka keluarkan kalau seandainya harus membayar sendiri semua biaya pengobatan keluarga.

BacaJKN-KIS Bukan Sekadar Sedia Payung Sebelum Hujan, tapi Juga Ladang Amal

Harapan Elvina, program JKN-KIS ini nantinya dapat mencakup seluruh peserta sampai ke pelosok, karena menurutnya masih ada kerabatnya yang di kampung yang belum sadar akan pentingnya memiliki JKN-KIS.

“Semoga nanti seluruh penduduk Indonesia sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Mungkin belum semua mengerti manfaat kartu ini, namun pemerintah dapat lebih giat lagi mensosialisasikan biar masyarakat mengerti,” pungkas Elvina.

Share this: