Anak Sakit, Ingat JKN-KIS

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Megawati saat menjaga buah hatinya yang sedang sakit.

KARO, BENTENGTIMES.com– Hati ibu mana yang tak pilu melihat anaknya yang masih balita harus terbaring sakit di rumah sakit. Inilah yang sedang dialami oleh Megawati.

Wanita berusia 31 tahun ini tak tahan melihat anaknya harus diinfus karena kekurangan cairan akibat diare yang dideritanya sejak beberapa hari lalu.

Ditemui di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Mina Kabanjahe, pada Kamis (18/6/2020), Megawati tampak berusaha tegar agar anaknya dapat bersemangat untuk sembuh.

“Udah tiga hari dirawat di sini, kak. Awalnya, dia lemas, pucat, kehausan terus. Padahal, sudah dikasih minum banyak. Tapi karena nggak sembuh juga akhirnya, kami bawa periksa ke sini. Ternyata, anak saya terkena diare dan sudah dehidrasi berat,” ucap ibu dari tiga orang anak ini memulai percakapan dengan BENTENG TIMES.

Mengetahui anaknya harus dirawat inap, Megawati pun mempersiapkan segala kebutuhan untuk di rumah sakit, terutama Kartu Indonesia Sehat (KIS) milik anaknya untuk keperluan administrasi.

BacaAsam Uratnya Sembuh, Mayam Bersyukur Ada JKN-KIS

Menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) telah membawa banyak manfaat bagi keluarga Megawati.

Wanita yang sehari-hari bekerja membantu suaminya berladang ini mengaku telah beberapa kali menggunakan KIS untuk berobat.

“Sudah sering. Terakhir kali kalau saya ya waktu lahiran si kecil ini tahun 2018. Tapi, kalau anak-anak ada beberapa bulan lalu. Sekarang, si bungsu lagi dirawat karena diare. Ya, sebenarnya kita lebih milih sehat terus. Tapi kalau sakit datang ya mau bilang apa juga. Makanya, KIS ini sangat penting bagi kami sekeluarga,” tutur wanita berdarah Jawa ini.

BacaDukung JKN-KIS dengan Pola Hidup Sehat

Sebelum mengakhiri perbincangan, Megawati menyampaikan pesan kepada masyarakat yang belum mendaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk segera mendaftar, karena manfaatnya sungguh sangat besar.

“Ayo ibu-ibu, bapak-bapak yang belum punya KIS ayo segera daftar. Sebagai jaminan kesehatan kita sekeluaga,” tutup Megawati.

Share this: