PDIP Sumut Adakan Upacara HUT Proklamasi Dengan Semarak Pakaian Adat

Share this:
BAGINDA GORBY SIREGAR-BMG
Suasana Upacara HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI digelar di Kantor DPD PDIP Sumut, Jalan Djamin Ginting, Medan, Senin (17/8/2020).

MEDAN, BENTENGTIMES.com– Ada yang berbeda dari HUT ke -75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumut kali ini. Pasalnya, upacara yang dilaksanakan di Sekretariat DPD Partai, Jalan Djamin Ginting, Medan itu diwarnai oleh parade pakaian adat oleh sebagian peserta upacara.

Kepada awak media, Sekretaris DPD PDIP Sumut yang juga menjadi inspektur upacara, Soetarto mengemukakan, hal tersebut merupakan yang pertama kalinya.

“Sebagian peserta ada yang memakai baju adat Batak, Melayu, Jawa, Aceh, Karo, Nias dan lainnya. Ini menunjukkan betapa bangsa ini kaya dengan adat istiadat dan budayanya,” ujar Soetarto, Senin (17/8/2020).

Soetarto mengatakan, upacara tersebut dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19.

“Kami membatasi sebanyak 45 peserta. Angka 45 itu mengambil spirit kemerdekaan, semangat 45,” tambahnya.

BacaSah! Bobby Nasution-Aulia Rahman di Medan, Iwan-Budianto Untuk Karo

Peserta Upacara HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia di Sekretariat DPD PDIP Sumut, Jalan Djamin Ginting, Medan, Senin (17/8/2020).

Para peserta, kata Soetarto yakni jajaran pengurus partai, badan, organisasi sayap, dan Anggota Fraksi PDIP Sumut di parlemen.

Soetarto juga mengungkapkan, PDIP terus menggaungkan semangat persatuan Indonesia yang memiliki keberagaman.

“Indonesia mencapai kemerdekaan ini dengan perjuangan dari seluruh elemen bangsa yang beragam. Semangat ini harus terus dijaga, kita wariskan kepada anak cucu kita. Sehingga perbedaan itu tetap dalam satu bingkai, yaitu Pancasila,” katanya.

BacaLima Pernikahan Adat Termahal di Indonesia Yang Fantastis, Termasuk Nias dan Batak

Soetarto juga menjelaskan, upacara HUT ke-75 proklamasi tersebut juga diadakan pada seluruh kantor partai di seantero tanah air.

“Dewan Pimpinan Partai (DPP) partai juga telah menginstruksikan ke seluruh kantor DPD juga Dewan Pimpinanan Cabang (DPC) untuk mengadakan upacara dengan tetap berpedoman protokol kesehatan ini,” pungkasnya.

Share this: