76 KK di Desa Lingga Julu Terima Bansos: Ingat, Ini Untuk Kebutuhan Pokok

Share this:
ERIANTO PERANGINANGIN-BMG
Penyaluran bantuan langsung tunai terdampak Covid-19 di Desa Lingga Julu, Kecamatan Simpang Empat, Karo, Kamis (11/ 6/2020).

KARO, BENTENGTIMES.com– Sebanyak 76 kepala keluarga (KK) di Desa Lingga Julu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, telah menerima bantuan sosial (bansos). Bantuan langsung tunai (BLT) yang berasal dari Dana Desa tahap I Tahun 2020 itu untuk bulan April, Mei dan Juni 2020.

Penyerahan bansos diserahkan secara simbolis oleh Camat Simpang Empat Amsah Peranginangin, bertempat di Jambur (Aula Desa, red), pada Kamis (11/6/2020). Amsah berharap, semoga bantuan langsung tunai tersebut bisa bermanfaat bagi seluruh warga kurang mampu, terutama dalam situasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, khususnya warga Desa Lingga Julu.

Kepala Desa Lingga Julu Pribadi Ginting menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan masyarakat tidak mampu di desanya. Dia mengatakan, dengan mengalihkan sebagian Dana Desa diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam situasi pandemi saat ini.

Pribadi menjelaskan bahwa dalam hal menentukan data penerima BLT, ia tidak bekerja seorang diri, melainkan melalui musyawarah desa (musdes) khusus yang diadakan secara terbuka.

“Yang mewakili elemen masyarakat dan relawan tanggap Covid-19 di desa kita, hadir,” katanya.

Mewakili Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Rianto Ginting menjamin tidak ada pilih bulu dalam menentukan data penerima BLT di Desa Lingga Julu. Ia menegaskan, dalam hal menentukan data penerima dan besaran bantuan berpedoman pada Peraturan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020, tentang bantuan langsung tunai dana desa.

“Mulai dari perencanaan sampai jumlah yang diterima warga yaitu sebesar Rp600 ribu per KK, semua transparan,” kata Rianto, yang juga Relawan Covid-19 di Desa Lingga Julu ini.

“Saya berharap gunakanlah seperlunya untuk kebutuhan pokok, sementara tunda dulu beli pakaian atau yang lainnya,” harap Rianto.

Baca17.067 Paket Bantuan Jaring Pengaman Sosial Propinsi untuk Warga Gunungsitoli

Rianto kembali menjelaskan, bantuan dibagikan secara tunai langsung ke warga bukan melalui bank. Hal itu bertujuan agar tidak merepotkan warga, terutama yang sudah usia lanjut (lansia) dan sakit.

“Bantuan untuk tahap dua dan tiga, juga akan disalurkan secara langsung,” beber Rianto.

Salah seorang warga penerima bansos Berani Barus (72), menyampaikan terima kasih kepada pemerintah. Dia berharap dapat bantuan secara berkelanjutan, terutama kepada para lansia.

“Macam manalah, kami ini lansia, sudah tidak bisa lagi maksimal bekerja,” ujarnya.

BacaBantuan Warga Karo di Eropa, Amerika dan Australia Untuk Lansia

Acara Pembagian bansos disaksikan yang mewakili Kapolsek Simpang Empat Aiptu M Arip, mewakili Koramil Simpang Empat Serka M Sihombing, Pendamping Desa Kompromi Purba, dan para perangkat desa, dan Anggota BPD Desa Lingga Julu.

Amatan BENTENG TIMES, saat acara pembagian BLT berlangsung, seluruh warga menaati protokol kesehatan, seperti; memakai masker, menjaga jarak dan panitia juga menyiapkan tempat cuci tangan.

Share this: