Hand Sanitizer Gratis Buat Abang Becak, Pedagang dan Sopir dari Mahasiswa Unimed

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Mahasiswa Unimed yang tergabung dalam IMKA FMIPA, membagi-bagikan hand sanitizer gratis kepada para pedagang, sopir, dan abang tukang becak di pusat pasar tradisional Kabanjahe, Kabupaten Karo, Kamis (9/4/2020), siang mulai pukul 14.00 WIB.

KARO, BENTENGTIMES.com– Abang-abang tukang becak, pedagang, dan para sopir angkutan pedesaan (angdes) di Pusat Pasar Tradisional Kabanjahe, Kabupaten Karo, tampak sumringah, Kamis (9/4/2020). Betapa tidak, mereka mendapat hand sanitizer (cairan pembersih tangan, red) gratis dari mahasiswa Unimed.

“Jujur, saya sangat terharu. Saat pandemi begini masih ada yang memperhatikan nasib kami,” kata Evansyah Tarigan (20), warga Kabanjahe yang sehari-harinya bekerja sebagai sopir angkutan pedesaan (angdes).

Ia mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada mahasiswa Unimed atas inisiatif mereka memberi perhatian kepada masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah.

“Mereka mahasiswa telah memberi contoh baik. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih,” ujar pemuda yang akrab disapa Evan ini dengan mata berkaca-kaca.

Dia menuturkan, selama wabah ini, mereka telah menerapkan protokol dari pemerintah agar dalam mengoperasikan angkutan, para penumpang diminta mengatur jarak. Ia sadar bahwa kebijakan itu telah membuatnya kehilangan pendapatan hingga setengahnya.

“Tapi, apa mau di kata, situasi yang membuat sehingga kami para sopir tidak punya pilihan,” ujarnya.

Amatan BENTENG TIMES, kehadiran para mahasiswa Unimed yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Rudang Mayang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) disambut antusias pedagang, abang tukang becak, dan para sopir angkutan di pusat pasar tradisional Kabanjahe. Antusiasme para pedagang, abang becak dan sopir angkutan itu membuat para mahasiswa semakin bersemangat membagi-bagikan hand sanitizer tersebut, meski berada di bawah terik matahari sejak siang pukul 14.00 WIB hingga selesai.

BacaMawar Ginting dari Persadaan Jurnalis Tanah Karo Bagikan Hand Sanitizer

Ketua IMKA FMIPA UNIMED, Dandi Sembiring mengatakan, sedikitnya 250 botol hand sanitizer isi 30 mili, mereka berikan secara gratis siang itu. Dengan hand sanitizer, mereka berharap para pedagang, abang becak, dan sopir bisa lebih nyaman dan aman saat beraktivitas di tengah pandemi.

Meski demikian, ia berharap agar pedagang tetap rajin cuci tangan, menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan, dan tetap menjalankan pola hidup sehat agar imun kuat sehingga tidak mudah terpapar virus corona atau Covid-19.

Ketua IMKA FMIPA UNIMED, Dandi Sembiring saat memberikan hand sanitizer gratis kepada sopir angdes di Kabanjahe, Kamis (9/4/2020).

Sempat Panik

Dalam kesempatan itu, Dandi Sembiring mengungkapkan sempat panik dan hampir saja menunda kegiatan tersebut menyusul informasi dari Dinas Kominfo (Komunikasi dan Informasi) Pemkab Karo yang menyebutkan ada satu orang warga Berastagi dinyatakan positive corona. Namun belakangan diketahui, kondisi warga Berastagi yang kini berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19, itu telah membaik dan terhadap keluarga si pasien juga sudah dilakukan rapid test dengan hasil negatif, sehingga mereka mantap turun ke jalan.

BacaKadis Pertanian Karo Bagikan Hand Sanitizer Gratis: Betapa Pentingnya Rajin Cuci Tangan

Pada kesempatan itu, Dandi Sembiring menyampaikan, terima kasih kepada para donatur yang sudah memberikan sumbangan untuk pengadaan hand sanitizer tersebut.

“Dana kami peroleh dari hasil open donasi. Apa yang kami lakukan ini, semoga bermanfaat,” tandas Dandi, didampingi teman-temannya.

Share this: