Tim Covid-19 Karo Kecolongan, Satu PDP Positif Corona Warga Berastagi

Share this:
ERIANTO PERANGINANGIN-BMG
Suasana lengang tampak terlihat di Gang Harapan, Kelurahan Gundaling II, Kecamatan Berastagi, Rabu (8/4/2020). Warga setempat was-was setelah mendengar informasi di seputaran Kelurahan Gundaling II, sudah ada warga positif terpapar virus corona.

KARO, BENTENGTIMES.com– Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo kecolongan. Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) positif terpapar virus corona merupakan warga Kelurahan Gundaling II, Kecamatan Berastagi, sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit (RS) Columbia Medan.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo Martin Sitepu membenarkan informasi itu setelah berkoordinasi dengan pihak RS Columbia Medan. Pasien berjenis kelamin perempuan asal Berastagi itu diketahui diantar sendiri oleh pihak keluarga ke Medan.

“Pihak keluarga sama sekali tidak ada melapor, baik ke aparat pemerintah di kelurahan maupun ke puskesmas atau ke dinas kesehatan,” kata Martin, ketika dihubungi BENTENG TIMES, Selasa (7/4/2020) malam sekira pukul 23.00 WIB.

Ia menyayangkan kurangnya kesadaran warga tersebut maupun pihak keluarga si pasien untuk melaporkan diri ke pemerintah setempat. Menurutnya, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam pencegahan mata rantai penyebaran Covid-19.

“Harapan kita kedepan masyarakat bekerja sama dengan pemerintah. Kami tidak mampu bekerja sendiri,” ujar Martin.

Senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Sembiring Meliala. Menurut Irna, keluarga pasien sama sekali tidak ada melapor ke Dinas Kesehatan Karo maupun Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Sebagaimana paparan peta sebaran Covid-19 di Sumatera Utara yang disampaikan pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, terhitung mulai tanggal 31 Maret sampai dengan 6 April 2020, jumlah PDP di Kabupaten Karo nihil alias kosong.

“Jadi, mereka sama sekali memang tidak ada melapor,” kata Irna, ketika dihubungi Rabu (8/4/2020) sore, sekira pukul 15.00 WIB.

BacaRahasia di Balik Kesembuhan Aspri Musa Rajekshah Setelah Terpapar Covid-19

BacaSatu Orang Warga Langkat Positif Corona, Baru Melancong ke Yerusalem

Namun setelah mendapat informasi ada 1 orang PDP asal Berastagi menjalani perawatan di RS Columbia, lanjut Irna, mereka langsung bergerak melacak riwayat pasien Covid-19 tersebut. Tim Medis Kesehatan bersama Tim Covid-19 Karo langsung mendatangi kediaman si pasien di seputaran Kelurahan Gundaling II. Seluruh keluarga si pasien langsung dicek kesehatannya, dilakukan rapid test dan hasil sementara negatif.

“Begitupun, seluruh keluarga si pasien wajib melakukan karantina mandiri terlebih dulu,” tegas Irna.

Share this: