Salut! IPK Karo Peduli Covid-19 Buka Layanan Amal

Share this:
PELITA MONALD GINTING-BMG
Ketua DPD IPK Karo Gembira Ginting, didampingi Sekretaris Bistok Situmorang dan Wakil Ketua David Kristian Sitepu.

KARO, BENTENGTIMES.com– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Karo membuka dompet peduli. Lewat layanan amal ini, IPK ingin mengambil bagian meringankan beban masyarakat kecil yang ikut terdampak perekonomiannya akibat wabah virus corona atau Covid-19 sekarang ini.

“Mudah-mudahan dengan niat bersih, dana yang terkumpul nantinya bisa membantu para korban terdampak virus corona ini,” ujar Gembira Ginting, Ketua DPD IPK Kabupaten Karo, kepada BENTENG TIMES, Minggu (29/3/2020).

Gembira menuturkan, layanan amal atau dompet peduli ini telah dimulai pada Sabtu (28/3/2020), pukul 00.01 WIB. Lewat video yang diunggah dalam media sosial (medsos), Gembira mengajak semua pihak untuk bergotongroyong, bergandeng tangan untuk ambil bagian dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Terutama untuk meringankan beban masyarakat kecil yang perekonomiannya terdampak langsung akibat wabah virus corona.

Mejuah-juah, kami dari DPD IPK Kabupaten Karo, mengajak rekan dan saudara-saudara. Saatnya, kita bersatu tidak lagi saling menyalahkan melawan penyebaran Covid-19, dengan cara bergotong royong, saling bergandeng tangan. Maka kami membuka layanan amal untuk membantu kita dalam menangani dan mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia, terkhusus di Kabupaten Karo,” demikian penggalan kalimat yang diucapkan Gembira Ginting, Ketua DPD IPK Kabupaten Karo, didampingi Sekretaris Bistok Situmorang dan Wakil Ketua David Kristian Sitepu, dalam video yang diupload di media sosial facebook.

Menurut Gembira, salahsatu dampak wabah Covid-19 adalah sektor perekonomian. Seluruh masyarakat akan terdampak, terutama masyarakat kecil yang selama ini menerima penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara, jika menunggu perhatian pemerintah pusat maupun daerah, dalam situasi saat ini akan sulit terealisasi mengingat keterbatasan dana yang ada. Maka dari itu, ia merasa terpanggil membuka layanan amal untuk membantu sesama, terutama masyarakat kecil di Kabupaten Karo.

Ia mengatakan, setiap sumbangan sangat berarti bagi sesama. Dana terkumpul nantinya akan dikonversi dalam bentuk barang-barang kebutuhan pokok bagi masyarakat kecil yang perekonomiannya terdampak langsung.

Pengumpulan dana ini dilakukan untuk antispasi krisis di Kab Karo melihat dana dari Pemerintah Kabupaten juga minim dalam penanggulangan penyebaran COVID – 19. Mudah mudahan dengan niat yang bersih dana yang terkumpul nanti nya bisa membantu para korban dampak dari Virus Corona dengan menukar donasi uang menjadi sembako atau barang barang yang bermanfaat bagi masyarakat Karo. Walau sedikit tapi kita dari DPD IPK ingin ikut berbuat kata Gembira Ginting selaku Ketua DPD IPK Kabupaten Karo.

BacaGembira Ginting Kembali Jabat Ketua IPK Karo: Jadilah Mitra Kritis Pemerintah

Gembira mengungkapkan, penggalangan dana ini dikelola transparan, terbuka dan publik bisa meng-update perkembangannya di media sosial. Saat penyerahan bantuan, Gembira mengatakan akan melibatkan perangkat kelurahan maupun desa. Ia beralasan, yang paling tahu masyarakat mana yang sangat membutuhkan uluran bantuan saat ini adalah perangkat kelurahan maupun perangkat desa.

“Perangkat kelurahan dan perangkat desa yang paling tahu kondisi masyarakatnya, mereka akan kita libatkan saat penyerahan bantuan nantinya,” kata Gembira.

Ia mengungkapkan, Danu Sebayang SH MH, seorang pengacara dan penasehat hukum sukses di Jakarta, yang pertama kali memberikan donasi sebesar Rp1.000.000 langsung ke rekening DPD IPK Peduli Covid-19. Danu Sebayang mengapresisasi gerakan sosial yang dilakukan IPK karo ini, atas inisiatifnya mengajak rekan-rekan yang memiliki materi berlebih agar bisa saling berbagi melalui layanan amal IPK Karo.

BacaDPD IPK Karo Semprot Disinfektan di 3 Kelurahan di Kabanjahe dan Kantor Pengadilan Negeri

Terpisah, Jesaya Pulungan dan Alvi Anbri, yang mengelola langsung Rekening IPK Peduli Covid-19, menyampaikan terhitung mulai tanggal Sabtu-Minggu (28-29/3/2020), dana yang sudah terkumpul di rekening DPD IPK Kabupaten Karo Peduli Covid-19, sebesar Rp2.400.000. Dana tersebut datang dari (1) Danu Sebayang Rp1.000.000, (2) Sudarto Sitepu Rp500.000, (3) Alvi Anbri Rp100.000, (4) Robinson Purba Rp200.000, ( 5) Monang Sitanggang Rp300.000, (6) Karo Mas Jaya Rp300.000.

Sekadar diketahui, berikut alamat rekening dan call center bagi yang ingin ikut berbagi: Atas nama DPD IPK Kabupaten Karo Peduli Covid-19 (Bank BRI No Rek 3833-01-034704-53-9). Call Center: 1. Pelita Monald Ginting SPd (0813-7103-5761), 2 Henri Setiawan (0821-6562-1463).

Share this: