India Lockdown Total, 1,3 Miliar Orang Dikarantina Tiga Minggu

Share this:
BMG
Perdana Menteri India Narendra Modi saat menyampaikan pidato kebijakan lockdown total, yang disiarkan televisi, Selasa (24/3/2020).

Apa perkembangan lain di negara-negara Asia?

Negara tetangga Pakistan melaporkan jumlah kasus yang dua kali lebih banyak dari India, yakni 878 kasus per Senin (23/3/2020), malam. Pembatasan menyeluruh diberlakukan meskipun pemerintah telah menghentikan karantina wilayah atau lockdown.

Namun, beberapa provinsi telah memberlakukannya secara independen. Tentara dikerahkan untuk menegakkan kebijakan pembatasan
Bangladesh yang melaporkan 33 kasus Covid-19 dan 3 kematian, juga mengerahkan militer untuk membantu menjaga jarak sosial dan meningkatkan tindakan pencegahan Covid-19.

Militer juga akan memantau ribuan orang asing yang dikarantina. Di seluruh Asia Selatan, ada kekhawatiran bahwa jumlah kasus sebenarnya bisa jauh lebih tinggi dari yang dilaporkan.

Indonesia, yang melaporkan 55 kematian akibat virus corona – yang tertinggi di Asia Tenggara – telah mengubah Wisma Atlet yang dibangun untuk Asian Games 2018 menjadi rumah sakit darurat ntuk pasien virus corona. Status tanggap darurat diberlakukan di Jakarta pada Senin (23/3/2020).

BacaTiga Dokter Meninggal Dunia, 32 Tenaga Medis Terpapar Corona

Thailand akan mulai memberlakukan status tanggap darurat pada Kamis (26/3/2020), termasuk penerapan jam malam dan pos-pos pemeriksaan. Empat orang dinyatakan meninggal dan 900 orang dinyatakan positif Covid-19. Negara terpadat di Asia Tenggara yang sebelumnya tanpa kasus Covid-19 telah mengumumkan dua kasus di negara itu.

Polisi India menutup akses menuju Gerbang India di New Delhi. Penutupan itu meminimalkan perkumpulan massa dan memastikan dilakukannya pembatasan sosial sejalan dengan imbauan PM India Narendra Modi.

Bagaimana perkembangan di seluruh dunia?

Di negara-negara lain, pemerintah terus berupaya membendung penyebaran virus yang kini telah menyerang lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Lebih dari 2,6 miliar orang menjalani karantina wilayah di seluruh dunia, setelah India menerapkan lockdown selama 21 hari.

Share this: