Door To Door di Tigapanah, Mereka Korban Harus Rehab, Penjahat Itu Bandar Narkoba

Share this:
BMG
Tim Yayasan Anak Bangsa saat menempelkan brosur di Kantor Desa Seberaya, Kecamatan Tigapanah, Karo, Rabu (22/01/2020). Hari itu, Yayasan Anak Bangsa sosialisasi door to door di Kecamatan Tigapanah tentang manfaat rehab bagi korban penyalahgunaan narkoba.

TIGAPANAH, BENTENGTIMES.com– Yayasan Anak Bangsa Sumatera Utara melakukan sosialisasi door to door bahwa para pemakai narkoba itu sebenarnya korban dan harus mendapat rehab. Penindakan hukum seharusnya diprioritaskan terhadap bandar ataupun mafia di balik peredaran narkoba.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Anak Bangsa Sumatera Utara Erianto Peranginangin. Ia menyadari bahwa kesadaran masyarakat atas pentingnya rehab masih minim di Tanah Karo. Meski demikian, ia tetap optimis, karena menyadarkan mereka yang ketergantungan narkoba harus menjalani rehabilitasi merupakan prioritas.

“Pemahaman soal pentingnya rehab bagi pengguna narkoba adalah PR (pekerjaan rumah, red) kita. Maka dari itu, harus ada terobosan, jemput bola, sosialisasi door to door,” ujar Erianto.

Harza Sinuraya, salah satu Tim Yayasan Anak Bangsa mengatakan, sudah lama merencanakan sosialisasi door to door dan sementara fokus di Kabupaten Karo.

“Puji Tuhan, hari ini terlaksana,” ujar Harza.

Ia menjelaskan, dalam melaksanakan sosialisasi door to door itu mereka menjelaskan bagaimana alur rehabilitasi dan menyampaikan manfaat dari rehabilitasi itu sendiri.

BacaTerjerat Peredaran Gelap Narkoba, Kapolsek Payung Iptu Samson Sembiring Dicopot

Evo Rivano Sianturi, salahsatu konselor Pusat Rehabilitasi Anak Bangsa, mengimbau jangan ada pembiaran terhadap mereka yang sudah terlanjur terjerumus penyalahgunaan narkoba.

“Secepatnya harus ditangani, kita akan memberikan yang terbaik. Kasihan mereka,” ucap Evo Rivano Sianturi.

Menurutnya, bukan zamannya lagi dilakukan kekerasan. Zaman sudah maju. Paling penting, menurut Evo, ketuk pintu hatinya sehingga kembali ke jati diri dan meninggalkan kebiasaan buruk mengonsumsi narkoba.

BacaPengkhianat, Oknum Kapolsek dan Dua Pegawai Rutan Kabanjahe Beking Narkoba

Kegiatan Yayasan Anak Bangsa mendapat respon positif masyarakat Desa Ajimbelang Kecamatan Tigapanah. Salahseorang warga Ajimbelang Vera Sinuhaji mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi sosialisasi yang digagas Yayasan Anak Bangsa.

Vera menyerukan agar semua pihak kerja sama memberantas narkoba. Antara lain dengan menyadarkan para pengguna agar tidak lagi ketergantungan terhadap barang haram tersebut.

“Mereka itu korban. Penjahatnya, ya bandar narkoba. Itu yang harus ditindak,” tegas Eva.

BacaKetua Fraksi Golkar DPRD Karo Desak Polisi Berantas Judi Tembak Ikan

Pada kesempatan itu, Tim Yayasan Anak Bangsa selain berinteraksi dengan masyarakat, mereka juga membagikan brosur dan menempelkannya di setiap intansi maupun warung kopi di desa-desa Kecamatan Tigapanah.

Share this: