40 Meninggal, Kepala Negara Islam Kutuk Penembakan di Selandia Baru

Share this:
BMG
Korban luka dievakuasi petugas setempat.

WELLINGTON, BENTENGTIMES.com– Para kepala negara dan politikus Islam dari berbagai penjuru Asia mengungkapkan kegeraman atas penembakan massal di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/3/2019). Penembakan dilakukan saat hendak dilakukannya sholat Jumat dan diunggah oleh para pelaku ke media sosial (medsos).

“Indonesia sangat mengutuk tindakan penembakan ini, khususnya di tempat ibadah saat sedang dilakukan sholat Jumat,” kata Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri RI.

Retno sebelumnya mengatakan kepada media ada enam WNI yang berada dalam masjid ketika serangan terjadi. Dari jumlah itu, tiga orang berhasil melarikan diri dan tiga lainnya belum terkonfirmasi.

Anwar Ibrahim, pemimpin partai terbesar di Malaysia mengatakan salah satu warga negara Malaysia telah menjadi korban luka dalam serangan teror yang digambarkannya sebuah tragedi hitam terhadap kemanusiaan dan perdamaian dunia.

“Saya sangat sedih oleh tindakan yang tidak beradab ini yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan dan merenggut nyawa warga sipil. Kami berduka cita kepada keluarga korban dan masyarakat Selandia Baru,” kata Anwar.

Otoritas berwenang Selandia Baru mengonfirmasi 40 tewas dalam serangan teror ini. Tiga terduga pelaku berjenis kelamin laki-laki sudah ditahan dan satu terduga seorang perempuan.

BacaPenembakan Keji di Sekolah AS, 10 Orang Tewas

Presiden Turki Tayyip Erdogan, melalui juru bicaranya mengutuk serangan yang disebutnya rasis dan fasis.

“Serangan ini memerlihatkan titik permusuhan pada Islam dan umat Islam. Kami telah melihat berkali-kali wacana Islamofobik melawan Islam dan umat Islam yang telah menjadi ideologi yang sesat dan mematikan. Dunia harus bersuara lebih kencang terhadap wacana seperti itu dan harus mengatakan berhenti pada terorisme fasis Islamofobia,” kata Juru biara Presiden Erdogan, Ibrahim Kalin.

Kecaman disampaikan Asosiasi Umat Islam India Kamal Faruqui. Dia mengatakan pihaknya sangat mengutuk serangan tersebut.

“Virus anti-Islam menyebar di berbagai dunia dan masyarakat yang beragama menjadi sangat waswas,” ujarnya.

BacaInsiden Penembakan Terjadi di Rusia, 4 Tewas

Duta Besar Afganistan untuk Australia, Selandia Baru dan Fiji, Wahidullah Waissi mengatakan ada tiga warga negara Afganistan terluka dalam serangan itu. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Mohammad Faisal, mengutuk serangan terhadap orang-orang yang tak berdosa ini.

Share this: