Benteng Times

Terbaik Kelola Dana Desa Tahun 2018 se-Kabupaten Karo, Ini Pemenangnya

Wakil Bupati Karo Cory S br Sebayang saat menyerahkan piala kepada Kepala Desa Beganding Pelawi Sembiring sebagai salahsatu desa dengan pengelolaan dana desa terbaik se-Kabupaten Karo, di Aula Kantor Bupati Karo, Rabu (19/12/2018 ).

KARO, BENTENGTIMES.com– Pemkab Karo memberikan apresiasi terhadap para aparatur desa dengan pengelolaan dana desa terbaik. Dari 17 desa yang direkomendasikan masing-masing kecamatan, tiga desa terbaik tahun 2018, yakni juara 1 Desa Merdeka, Kecamatan Merdeka, juara 2 Desa Beganding, Kecamatan Simpang Empat, dan juara 3 Desa Sukanalu, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo.

Penilaian desa dengan pengelolaan keuangan terbaik ini dilakukan oleh beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, seperti Inspektorat Kabupaten Karo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Karo, Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Karo, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karo, Bina Kemasyarakatan, Pemdes Setda Karo, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. Penilaian dilakukan selama sembilan hari, terhitung mulai tanggal 3 sampai 12 Desember 2018.

Atas keberhasilan itu, Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty br Sebayang langsung menyerahkan hadiah kepada para kepala desa terbaik, bertempat di Aula Kantor Bupati Karo, Rabu (19/12/2018). Adapun penghargaan yang diberikan berupa; trofi, piagam, kursi untuk juara satu sebanyak 20 buah, juara dua 16 buah, dan juara tiga 12 buah kursi.

Juga penyerahan hadiah secara simbolis bantuan permodalan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta bantuan pembangunan embung desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Baca2018, Pemerintah Desa Semangat Bangun Jalan Rabat Beton 1.906 Meter

BacaLima Solusi Mengatasi Persoalan Jalan Rusak di Desa Cerumbu, Mardingding

Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty br Sebayang, didampingi Kadis PMD Abel T Tarigan mengucapkan selamat kepada ketiga desa pemenang. Cory berpesan agar ketiga desa tersebut mempertahankan prestasinya dan memberikan contoh dalam penggunaan dana desa.

Andy Sofian Sinuhaji, plt Kabid Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas PMD Karo, disela-sela acara penyerahan trofi menyampaikan bahwa pemberian hadiah untuk pengelolaan dana desa terbaik tidak sekadar untuk mencari juara, melainkan untuk memotivasi para aparatur desa supaya berbuat semaksimal mungkin dalam penggunaan dana desa.

Dijelaskan Andy, penilaian yang mereka perhatikan dilihat dari berbagai aspek, antara lain kreativitas desa, penyampaian materi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, terkhusus pengelolaan keuangan desa, mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan penatausahaan, dan pelaporan seluruh program kegiatan tahun 2018.

“Lalu, yang tak kalah pentingnya bukti-bukti dokumen pendukung secara administrasi,” ungkap Andy, kepada BENTENG TIMES.

BacaIndikasi Penyimpangan Dana Desa di Temburun Diadukan ke DPRD Karo

BacaDibangun Pakai Dana Desa, Jambur Merga Silima Desa Tiga Panah Diresmikan

Kepala Desa Beganding Pelawi Sembiring, melalui telepon selularnya menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Pemkab Karo. Ia juga mengaku senang atas raihan ini. Sebab pada tahun sebelumnya, Desa Beganding meraih juara 3 dan tahun ini meraih juara 2.

“Ini luar biasa, saya sangat senang. Saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan dan seluruh perangkat desa juga masyarakat Desa Beganding karena dengan kerja sama kami lah, maka peningkatan ini bisa dilakukan,” ujarnya kepada BENTENG TIMES.

Exit mobile version